Thursday, August 11, 2016

Pemetaan Rawan Narkoba di Wilayah Jakarta Selatan

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Selatan bersama beberapa organisasi dan instansi terkait di wilayah Jakarta Selatan melakukan rapat kerja (raker) pemetaan dalam rangka pemberdayaan lingkungan masyarakat anti narkoba. Kegiatan rapat kerja bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada hari Kamis (11/08/2016). Instansi dan organisasi yang hadir antara lain Polres dan polsek, Koramil, Puskesmas serta Forum Kewasdaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK)  di wilayah kota Jakarta Selatan.
Para peserta diundang dalam rapat kerja (raker) untuk membahas pemetaan daerah rawan narkoba, titik-titik mana saja yang tergolong rawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Jakarta Selatan. Kepala BNN Kota Jakarta Selatan dr. Amrita Devi, Sp.KJ,M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini adalah langkah BNN Kota Jakarta Selatan untuk saling share informasi dan data tentang permasalahan narkoba di lingkungan masing-masing. Bagaimana secara bersama-sama stakeholder terkait dapat memerangi narkoba di masyarakat dan jika ditemukan tindak pidana narkoba dapat segera di laporkan kepada pihak yang berwajib.
            Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Kompol Vivik Tjangkung selaku Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan, beliau memaparkan peta kerawanan narkoba di Jakarta Selatan di 10 kecamatan wilayah Jakarta Selatan. Masing-masing kecamatan punya kantong-kantong karawanan narkoba, sehingga diharapkan kepada semua pihak dapat membantu kerja aparat penegak hukum  dalam memberantas narkoba. Ancaman narkoba sudah menjadi gangguan besar terhadap keamanan dan ketertiban nasional, untuk menyelamatkan anak bangsa harus dilakukan deteksi dini pencegahan terhadap bahaya narkoba .
 
Melalui rapat kerja ini juga dijelaskan cara penanggulangan dan rehabilitasi bagi para penyalahguna narkoba. Para korban penyalahguna dapat melaporkan diri mereka ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dan ke BNN Kota Jakarta Selatan. IPWL yang ada di kota Jakarta Selatan yaitu di Puskesmas Kecamatan Tebet dan RS Fatmawati dan ada pula beberapa puskesmas di wilayah Jakarta Selatan yang menerima Layanan Jarum Suntik (LJS). Bagi penyalahguna narkoba yang hanya sebagai korban dan sudah terdata di IPWL tidak akan terjerat pidana dari kepolisian, sehingga diharapkan masyarakat dapat secara sukarela melaporkan jika ada yang terindikasi menyalahgunakan narkoba di wilayahnya kepada pihak yang berwajib. (ans)




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Featured Post

Pemeriksaan Urine di SMAN 70 Jakarta

Senin (16/10) BNNP DKI Jakarta melalui Seksi Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Tes Urine di beberapa lokasi. Kegia...

Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Contact Form

Name

Email *

Message *

Total Pengunjung