Wednesday, November 30, 2016

Guru Al-Izhar Siap Tangkal Penyalahgunaan Narkoba

Jakarta - Bertempat di Perguruan Islam Al-Izhar Pondok Labu Jakarta Selatan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Selatan bekerjasama dengan Perguruan Islam Al-Izhar mengadakan asistensi pembangunan berwawasan anti narkoba, pada hari Jumat (25/11/2016). Dengan peserta yang hadir terdiri dari para guru pengajar tingkat SD, SMP, SMA, unit pendidikan, unit administrasi umum dan juga bagian keamanan sekolah. Pada kegiatan ini Kepala BNN Kota Jakarta Selatan dr. Amrita Devi, Sp.KJ, M.Si memberikan materi mengenai kebijakan pemerintah dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba serta tentang maraknya narkoba jenis baru atau New Psychoactive Substance (NPS). Pada NPS ada beberapa jenis yang diantaranya belum masuk dalam Undang - Undang sehingga bagi penggunanya tidak bisa dijerat secara hukum.

NPS yang diedarkan banyak mengincar para pelajar, sehingga guru sebagai perpanjangan tangan orangtua di sekolah harus waspada dan peduli terhadap perilaku serta perkembangan anak didiknya dr. Verdiana Wilistyanita selaku Dokter Seksi Rehabilitasi BNN Kota Jakarta Selatan, juga hadir memberikan pembekalan tentang Penatalaksanaan dan Dampak Penyalahgunaan Narkoba secara Biopsikososial. Dipaparkan pula mengenai definisi dan jenis narkoba berdasarkan efek terhadap susunan saraf pusat dan bagaimana ciri-ciri anak yang terindikasi penyalahgunaan narkoba. Para peserta juga diberikan informasi mengenai faktor - faktor apa saja sehingga seseorang bisa menjadi pengguna/ketergantugan terhadap narkoba, khususnya untuk tingkatan usia remaja yang secara psikologis cenderung labil dalam mengambil suatu keputusan.

BNN Kota Jakarta Selatan mengapresiasi semangat dan peran serta aktif dari guru Al Izhar dalam menjalankan program berwawasan anti narkoba di sekolah. Guru penggiat anti narkoba ini, selain sebagai pendidik juga memiliki kewajiban mengarahkan dan membimbing siswa agar tidak terperangkap dalam bahaya narkoba. Peserta kegiatan juga diberikan pembekalan mengenai teknis berkomunikasi kepada anak didik yang efektif, bagaimana menciptakan kedekatan emosional yang baik agar anak didik merasa nyaman saat menceritakan masalah yang dihadapinya. Pada sesi akhir para guru banyak memberikan ide dan saran yang nantinya akan dijadikan rencana aksi pelaksanaan kegiatan P4GN disekolah.

Foto lainya :


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Contact Form

Name

Email *

Message *

Total Pengunjung