Tuesday, September 25, 2018

Grup WA Orang Tua sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Dewasa ini, peredaran dan penyalahgunaan Narkoba sudah masuk ke dalam tahap yang memprihatinkan. Apalagi bagi orang awam sulit membedakan apakah suatu barang itu mengandung Narkoba ataukah tidak. 

Kekhawatiran ini disampaikan oleh Kurnia Binantara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dalam kegiatan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Sekolah di SMP Bina Dharma, Selasa (25/9).

Senada dengan Kurnia, Purwatiningsih Guru Bimbingan dan Konseling juga mengkhawatirkan persoalan Narkoba ini yang semakin merusak generasi muda karena penyalahguna ini sudah merambah pelajar Sekolah Dasar. 

“Untuk membentengi para siswanya, sebagai langkah awal kami sangat mendukung sistem full day school yang diterapkan disekolahnya. Program ini untuk mengurangi waktu siswa agar tidak banyak terbuang dengan kegiatan yang percuma”, tambah Kurnia.

Menurut Kurnia, ditakutkan waktu yang terbuang tersebut bisa menjerumuskan siswa kedalam pergaulan negatif yang malah bisa menjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba.

Hal lain yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah dengan mengoptimalkan media sosial berupa Grup Whattsapp orang tua siswa yang berguna untuk sarana komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah. “melalui grup ini, kita bisa menampaikan informasi terkait pendidikan siswa dan juga infrlormasi lain termasuk masalah Narkoba”, terang Purwatiningsih.

Selain itu tim juga melihat hal unik seperti adanya penempelan pesan-pesan anti Narkoba di lingkunhan sekolah dalam bentuk poster, sticker, dan spanduk. Begitupula adanya tatatertib yang harus ditaati siswa menyangkut kedisiplinan, dimana sangsi maksimal dengan hukuman dikeluarkan dari sekolah bagi penyalahguna Narkoba. 

Di sekolah ini, para guru juga rutin diikutsertakan dalam kegiatan bimbingan teknis ataupun peningkatan kapasitas program P4GN yang diselenggarakan oleh instansi lain ataupun BNN. Dalam catatan pihak sekolah, mereka juga pernah mengundang kepolisian dan Puskesmas untuk memberikan sosialisasi kepada para siswa.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung