Tuesday, September 25, 2018

Monitoring dan Evaluasi P4GN di SMP Bina Pangudi Luhur, Jakarta Timur

Pencegahan penyalahgunaan Narkoba merupakan investasi masa depan bagi terwujudnya generasi bangsa yang gemilang. Untuk itu diperlukan upaya-upaya sejak dini yang terstruktur dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta sebagai tindak lanjut Pembekalan P4GN yang pernah diberikan kepada kurang lebih 200 Guru Bimbingan Konseling (BK) di Tahun 2017, pada Selasa, 25 September 2018 melaksanakan monitoring dan evaluasi ke SMP Bina Pangudi Luhur yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi program pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah beserta hambatannya setelah Guru BK di sekolah mengikuti pembekalan P4GN.

Dalam kegiatan tersebut, Tim yang dipimpin Kasi Pencegahan, Sayyid Aranjaya berdiskusi dengan Kepala Sekolah Ibu Yulinda beserta para guru terkait pembentukan Relawan/ Penggiat Anti Narkoba, penyusunan kebijakan atau peraturan tentang pencegahan Narkoba di sekolah, serta kegiatan-kegiatan kampanye Stop Narkoba yang telah dilaksanakan di sekolah tersebut.

Hasilnya, upaya pencegahan yang telah dilakukan di sekolah ini patut mendapatkan apresiasi. Selain Kepala Sekolah bertindak langsung sebagai relawan anti Narkoba, beliau juga menugaskan para guru lain untuk melakukan upaya pencegahan yang tidak lupa selalu melibatkan para siswa. Salah satunya dengan membuat majalah dinding bertemakan kampanye Stop Narkoba secara rutin, selain itu pada kegiatan keagamaan, seperti pengajian yang dilakukan secara rutin, selain ceramah tentang Narkoba, di akhir acara selalu salah satu siswa diminta maju kedepan untuk memaparkan ulang, hal ini sangat bermanfaat untuk menanamkan mindset anti narkoba sejak dini bagi para siswa.

Selain itu Guru Bimbingan konseling di sekolah ini setelag mendapatkan Pembekalan P4GN dari BNNP DKI Jakarta juga secara aktif menjadi pembicara di berbagai kesempatan, bahkan sampai ke luar provinsi seperti Yogyakarta. Beliau juga menulis buku mengenai kenakalan remaja yang didalamnya salah satunya membahas bahaya Narkoba bagi pelajar. Penerbitan buku ini telah didukung oleh Pusat Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan.

Diharapkan melalui kegiatan ini, silaturahmi dan pola hubungan baik antara BNNP DKI Jakarta dengan Relawan Anti Narkoba yang terdiri dari para Guru BK terus terjalin. Karena dengan bantuan merekalah upaya pencegahan bisa secara luas menjangkau dan tepat sasaran. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dan lingkungan sekolah bisa menerapkan hidup bersih dari penyalahgunaan Narkoba.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Pray For Lion Air JT-610

Segenap jajaran BNNP DKI Jakarta Turut Berduka Cita atas musibah jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa ...

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung