Wednesday, September 26, 2018

Rapat Monev Relawan Anti Narkoba di SMK Pariwisata Adi Luhur

Dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba yang telah dilakukan dilingkungan sekolah dan hambatannya, khususnya di SMK Pariwisata Adi Luhur. Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta pada Rabu, 26 September 2018 melaksanakan rapat Monev Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Wakil Kurikulum, dalam sambutannya secara terbuka menerima kedatangan tim BNNP DKI Jakarta dengan meminta agar tim BNNP DKI Jakarta rajin mengupdate informasi terbaru melalui WA.

Dalam kesempatan tersebut, Guru BK, Ibu Syarifah Ulya yang juga mengikuti rapat menyampaikan upaya pencegahan Narkoba di lingkungan sekolahnya. Upaya tersebut antara lain dengan memberikan himbauan kepada para siswa saat jam pelajaran, dan melakukan konseling kepada para peserta didik. Upaya tersebut didukung oleh berbagai pihak, bukan hanya guru BK semata, namun juga Kepala Sekolah, Kepala Jurusan, Kesiswaan turut memonitor perkembangan siswa dari wali kelas. Pada saat MPLS tahun ajaran 2017/2018, sekolah mengundang Polsek Kramat Jati untuk mengisi materi Bahaya Narkoba kepada peserta didik baru. Selain itu, sekolah juga telah melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba maupun pembentukan Satgas wilayah Suku Dinas Pendidikan Wilayah Timur II. Satgas tersebut juga telah memberikan karya tangan melalui mading sekolah tentang Bahaya Narkoba.

Ditambahkan lagi, SMK Pariwisata Adi Luhur telah meberlakukan pakta integritas kepada setiap siswa untuk mematuhi setiap tata tertib yang telah berlaku. Sama halnya dengan, SMK Teknologi Adi Luhur, SMK Pariwisata Adi Luhur dalam hal pengawasan tidak hanya melakukan razia tas, namun juga melakukan patroli keliling sekolah di saat jam pulang sekolah. Hal ini adalah bentuk antisipasi dari Yayasan Adi Luhur meminimalisir adanya tongkrongan dari peserta didik yang rentan melakukan kenakalan remaja seperti merokok, tawuran, dll. Disamping itu, terkait upaya deteksi dini, setiap siswa kelas XI wajib melakukan tes urin untuk mengikuti On Job Training dengan biaya mandiri.

Selaku Ketua tim, Afib Rizal mengapresiasi segala bentuk peran aktif pihak sekolah dalam upaya Pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah, dan berharap dapat konsisten dalam pelaksanaannya. Afib Rizal juga menyampaikan agar sekolah dapat memanfaatkan layanan deteksi dini melalui tes urin, serta layanan rehabilitasi apabila ada siswa yang terindikasi menjadi pecandu/ penyalahguna Narkoba.

Dokumentasi :


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung