Thursday, September 27, 2018

Rapat Monev Relawan Anti Narkoba di SMAN 31 Jakarta

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Relawan Anti Narkoba merupakan rangkaian kegiatan hasil Pembekalan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di DKI Jakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba yang telah dilakukan dilingkungan sekolah dan hambatannya. Pelaksanaan kegiatan kali ini dilaksanakan di SMAN 31 Jakarta, pada hari Kamis, 27 September 2018.

Tim BNNP DKI Jakarta disambut oleh Wakil Kesiswaan, Bapak Timbul, Humas, Ibu Sirna, dan 2 (dua) guru BK, Ibu Fajar dan Ibu Indriyani yang merupakan peserta program Pembekalan P4GN.

Dalam kesempatan tersebut, diketahui dari Bapak Timbul bahwa Sekolah telah berperan aktif dalam Kegiatan Pemerintah terkait pencegahan Narkoba. Diantaranya ikut serta dalam Deklarasi Anti Narkoba yang dilaksanakan oleh BPOM. Disamping itu, dalam rangka program akselerasi sekolah, tahun ajaran 2017/2018 larangan penggunaan dan peredaran Narkoba tidak hanya berlaku di dalam Tata Tertib, melainkan Orangtua Murid wajib melampirkan Surat Pernyataaan Bebas Narkoba di TTD di atas materai. Hal ini merupakan upaya bersama sekolah dan orangtua bekerjasama membimbing siswa agar jauh dari pergaulan Narkoba. Pihak sekolah juga telah menggerakan peserta didik untuk melakukan kampanye Anti Narkoba melalui media luar ruang yaitu poster di Mading dan di ruang BK sekolah.

Ibu Sirna dan Ibu Indriyani juga menyampaikan bahwa materi edukasi Bahaya Narkoba juga dilakukan baik dalam pelajaran BK, dalam upacara, bahkan dalam pelajaran Biologi. Pada MPLS tahun lalu, pengenalan bahaya Narkoba kepada peserta didik baru dibantu oleh pihak TNI, dan sebelumnya dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Dalam upaya pengawasan, sekolah juga rutin melakukan razia barang bawaan siswa. Dalam 3 (tiga) tahun terakhir barang yang biasa ditemukan biasanya sebatas korek (tanpa rokok), dan alat makeup. Sebagai tambahan, sekolah juga rutin melakukan sidak keliling lingkungan sekolah, sejauh ini dalam radius tertentu, tidak mungkin ditemukan siswa SMAN 31 menongkrong, karena mereka diperbolehkan untuk berkumpul di sekolah sampai dengan pukul 17.30 WIB.

Dengan pertemuan ini, sekolah berharap dapat bersinergi dengan BNNP DKI Jakarta terutama dalam hal sosialisasi anti Narkoba dan deteksi dini melalui tes urin kepada peserta didik.


Dokumentasi :







Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung