Wednesday, October 17, 2018

Gandeng Alumni Jadi Jurus Guru BK SMK Bunda Kandung Mencegah Narkoba

Berbagai kendala dalam upaya pencegahan dilingkungan sekolah tidak bisa diatasi sendiri oleh para Guru Bimbingan Konseling (BK), diperlukan dukungan dari berbagai stakeholder, salah satunya adalah Ikatan Alumni. Demikian disampaikan Oleh Ibu Santi, Relawan Anti Narkoba, saat Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta mengunjungi SMK Bunda Kandung pada tanggal 17 oktober 2019 dengan tujuan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi atas upaya pencegahan Narkoba yang telah dilakukan.

Masih dari ibu Santi, yang  sehari-hari bertugas sebagai Guru BK, tim mendapatkan informasi tentang berbagai upaya yang dilakukan pihak sekolah seperti melakukan razia secara mendadak kepada para siswa, menyisipkan materi tentang bahaya narkoba di jam mengajar dan dalam bimbingan kerohanian maupun upacara bendera.

Sekolah juga memiliki tata tertib yang disusun oleh Kepala Sekolah bersama para stakeholder dan memuat ketentuan perihal anti penyalahgunaan Narkoba. Tata tertib ini harus dipatuhi oleh peserta didik dan wali didik. Sanksi bagi kasus terkait Narkoba cukup berat, yaitu pemulangan siswa didik ke wali. Sosialisasi dengan memberikan materi kepada anak didik juga menjadi cara sekolah mencegah Narkoba selain tentunya didukung dengan cara lain seperti kampanye Stop Narkoba  dengan memanfaatkan poster dan stiker tentang Narkoba. Upaya-upaya tersebut selain dengan BNN juga bekerjasama dengan Polsek dan puskesmas setempat dalam penyampaian materi dan pemeriksaan kesehatan kepada para peserta didik.

Dukungan dari para alumni juga memberikan warna dan penguatan dalam upaya pencegahan Narkoba tersebut, namun demikian belum ada pembagian tugas secara rinci tentang peran mereka. Sejauh ini kerjasama dilakukan secara reaktif menyesuaikan konteks dan permasalahan yang muncul.

Pada akhir kunjungan, diskusi berlanjut ke pertanyakan kepada BNNP DKI Jakarta tentang bagaimana cara mengundang penyuluh Narkoba untuk sosialisasi dan mekanisme untuk tes urine kepada peserta didik dalam rangka pendeteksian dini. Ditanggapi oleh Iskandar dari BNNP DKI Jakarta, disampaikan bahwa layanan tersebut gratis dan cara mengaksesnya mudah, cukup mengirimkan email ke cegahbnnpdki1@gmail.com untuk kemudian akan diinformasikan petunjuk teknisnya.


Dokumentasi :

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Pray For Lion Air JT-610

Segenap jajaran BNNP DKI Jakarta Turut Berduka Cita atas musibah jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa ...

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung