Wednesday, October 10, 2018

Ikut Ekstrakurikuler, Kegiatan Positif yang Cegah Siswa SMAN 112 dari Bahaya Narkoba



Mengajak siswa-siswi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah salah satu strategi untuk menjauhkan diri dari ancaman Narkoba, demikian dijelaskan oleh Relawan Anti Narkoba dan juga Guru Bimbingan Konseling (BK) Dra. Yeni Suryani, MM kepada Kepala Seksi Pencegahan Sayyid Aranjaya, selaku Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) BNNP DKI Jakarta di SMA Negeri 112 Jakarta Barat pada 10 Oktober 2018. Sebagai informasi, terdapat kurang lebih 20 ekstrakurikuler, sehingga siswa-siswi dapat memilih yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Dalam kunjungan kali ini,Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta ingin mengetahui upaya pencegahan yang telah dilakukan dan kendala yang ada setelah para Guru BK mendapatkan Pembekalan P4GN dari BNNP DKI Jakarta di tahun 2017 lalu. Upaya pencegahan yang dilakukan antara lain melalui sosialisasi, himbauan, dan pengawasan lingkungan sekolah. Hal ini juga di dukung dengan peran Kepala Sekolah dan Guru BK yang selalu pro aktif memberikan wejangan bagi siswa didiknya agar menjauhi Narkoba. Sekali waktu, pihak Polsek dan Puskesmas setempat pun diundang sebagai Pembina Upacara bendera untuk ikut menggaungkan kampanye Stop Narkoba. Himbauan berupa poster, stiker dan running text Anti Narkoba juga terpasang di dalam lingkungan sekolah. Kewaspadaan terhadap lingkungan juga dilakukan yaitu dengan razia tas/barang bawaan siswa secara rutin dan adanya CCTV untuk mengawasi lingkungan. Selain itu, terdapat aturan berupa tata tertib peserta didik yang didalamnya terdapat pasal yang mengatur tentang larangan penyalahgunaan Narkoba. Bagi siswa melanggar, maka akan dikenakan sanksi poin. Namun demikian, pihak SMA Negeri 112 menjelaskan bahwa perlunya dukungan dari BNNP DKI Jakarta terkait dengan pemeriksaan tes urine, sebagai salah satu upaya deteksi dini terhadap penyalahgunaan Narkoba.

Melalui kegiatan ini, diharapkan upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba di SMA Negeri 112 Jakarta dapat terus ditingkatkan sehingga terwujud lingkungan yang sehat dan bersih dari penyalahgunaan Narkoba.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung