Wednesday, October 17, 2018

Manfaatkan Kunjungan Monev BNNP DKI Jakarta, SMKP Djadajat Adakan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi Peserta Didik

Sebagai tindak lanjut kunjungan Monitoring dan Evaluasi Program P4GN oleh Tim BNNP DKI Jakarta pada hari Rabu, 17 Oktober 2018, Wakil Kesiswaan SMKP, Ibu Theresia Ernawati, S.Pd, secara inisiatif mempersiapkan jam kosong seluruh siswa untuk diisi oleh pihak BNNP perihal Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi Generasi Muda. Menurut Ibu Asih Sahara selaku Guru BK, kegiatan sosialisasi ini sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah. Selain dikarenakan lingkungan sekolah yang cukup rawan, tetapi juga banyak siswa SMKP Djadajat yang berasal dari luar Pulau, yang berarti jauh dari pantauan Orangtua. Terlebih lagi, kunjungan dari instansi pemerintah seperti Kepolisian, tidak pernah secara khusus dalam rangka sosialisasi Bahaya Narkoba, melainkan difokuskan untuk membagikan informasi rekrutmen di Instansinya.

Pada kesempatan tersebut, Penyuh Narkoba Ahli Pertama BNNP DKI Jakarta, Esther Veronica menjelaskan terkait pengenalan dasar narkoba, jenis-jenis Narkoba, penggolongan dan efek Narkotika, program pencegahan dan rehabilitasi BNN. Ditambahkan lagi, seluruh peserta didik diharapakan waspada terkait peredaran gelap 73 New Paychoactive Substances (NPS), yang dikenal sebagai Narkotika jenis baru, dimana 65 dari 73 NPS tersebut telah masuk kedalam Permenkes 20 Tahun 2018. Penyuluh juga memberikan langkah-langkah pencegahan bagi Generasi Muda untuk menolak tawaran penyalahgunaan Narkoba.

Sosialisasi  Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Peserta Didik SMKP Djadajat disambut dengan antusias peserta didik. Dimana banyak sekali pertanyaan yang disampaikan kepada Penyuluh. Pertanyaan tersebut antara lain tentang perbedaan pecandu yang direhabilitasi dan dihukum penjara, apakah Narkotika Golongan III dapat membuat kecanduan, kegiatan program rehabilitasi, ciri-ciri penyalahguna, dan bahaya ganja, serta alkohol.

Harapan dari kegiatan ini, seluruh peserta didik dapat imun dari Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan Narkoba di masa yang akan datang. Dan program P4GN khususnya pencegahan Narkoba di lingkungan SMKP Djadajat dapat berlangsung secara berkelanjutan.


Dokumentasi :

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung