Tuesday, October 2, 2018

Perkuat Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Waka Kesiswaan SMA YASPORBI Bentuk Penggiat Anti Narkoba

Penyuluh Narkoba Untung Subagio, Reinhardt dan Linda Susanti dalam rangka monitoring dan evaluasi rencana aksi yang disusun oleh Guru BK SMA YASPORBI pada saat mengikuti Pembekalan P4GN, pada hari Selasa 2 Oktober 2018 berdiskusi dengan Waka kesiswaan dan guru BK terkait pembentukan Relawan/ Penggiat Anti Narkoba, atau peraturan tentang pencegahan Narkoba di sekolah, serta merancang kegiatan-kegiatan kampanye Stop Narkoba yang melibatkan siswa.

Dalam diskusi ini, Waka Kesiswaan, Bapak Robi memberikan informasi bahwa sekolah sudah membentuk penggiat anti Narkoba dimana penggiat anti Narkoba ini diketuai oleh beliau sendiri. Tim yang bernama Polisi Siswa didalamnya beranggotakan siswa yang tergabung dalam Saka Bhayangkara dan OSIS dalam hal menjaga keamanan di SMA YASPORBI. Selain itu untuk menciptakan sekolah bersih dari penyalahgunaan Narkoba, terdapat himbauan berupa spanduk dan poster anti Narkoba. Tim juga menemukan plang himbauan tentang larangan merokok, hal ini menunjukan bahwa sekolah sudah terlibat dalam P4GN. Tim memberikan saran agar plang himbauan tentang pesan Anti Narkoba juga dapat dipasang oleh sekolah. Menanggapi hal tersebut pihak sekolah sangat menyambut baik saran dari Tim BNNP DKI Jakarta dan akan diteruskan kepada Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan.

Dalam memperkuat pencegahan, sekolah juga telah menerapkan kebijakan atau aturan yang terkait penyalahgunaan Narkoba dengan menerapkan sanksi berupa sistem poin dimana sanksi poin yang diberikan yaitu 100 poin. Sekolah juga berupaya untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba dengan melakukan pengawasan keliling lingkungan sekitar sekolah untuk mengecek apakah ada siswa SMA YASPORBI yang nongkrong-nongkrong disekitar sekolah tersebut, razia kepada tas siswa juga dilakukan secara berkala dan mendadak dikelas-kelas. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung program sekolah bersih dari penyalahgunaan narkoba. Upaya lain dalam hal mencegah penyalahgunaan Narkoba, sekolah juga bekerja sama dengan Polsek Tebet dan puskesmas setempat.

Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dan lingkungan sekolah bisa menerapkan hidup bersih dari penyalahgunaan Narkoba.


Dokumentasi :

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung