Monday, October 22, 2018

Perubahan Perilaku Siswa, Jadi Indikator Guru SMK Budi Murni 2 Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba

Sambut, salam dan sapa kepada siswa setiap pagi di pintu gerbang sekolah merupakan salah satu cara untuk mengenal lebih dekat siswa. Selain menjalin komunikasi dan keakraban, juga sekaligus merupakan pengawasan terhadap kemungkinan terjadinya perubahan perilaku. Jika hal tersebut terjadi, maka siswa akan diajak untuk berkonsultasi dengan Guru BK dengan tujuan mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Demikian disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ibu Rismawaty kepada Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta, yang diketuai oleh Kepala Seksi Pencegahan Sayyid Aranjaya pada 22 Oktober 2018 di SMK Budi Murni 2, Jakarta Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Tim ingin mengetahui upaya pencegahan yang telah dilakukan dan hambatan yang ada dalam pelaksanaannya. 

Lebih lanjut, pihak sekolah menjelaskan tentang kerja sama yang dilakukan dengan Polsek dan Puskesmas setempat dalam hal sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba. Sosialisasi dilakukan secara rutin, baik disampaikan dalam upacara bendera maupun pada saat penerimaan siswa baru. Stiker Anti Narkoba dan poster berisi informasi jenis-jenis Narkoba dipasang di tempat yang mudah dilihat dan dibaca oleh siswa.

Selain Guru BK, yang merupakan Relawan Anti Narkoba BNNP DKI Jakarta, kampanye stop Narkoba juga melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wali Kelas, dan Pembina OSIS. Masing-masing komponen sekolah tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melakukan upaya pencegahan Narkoba yang disesuaikan dengan tugas pokoknya. Siswa juga dilibatkan dalam kampanye tersebut, seperti ikut memasang spanduk dan himbauan Anti Narkoba. Terkait dengan kebijakan P4GN, SMK Budi Murni 2 juga memiliki tata tertib yang mengatur larangan penyalahgunaan Narkoba oleh siswa.

Namun demikian, pihak sekolah memerlukan dukungan sosialisasi dan tes urin secara rutin oleh BNNP DKI Jakarta. Selain melihat perubahan perilaku, tes urin kepada siswa juga sebagai upaya deteksi dini dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan sekolah.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung