Tuesday, October 9, 2018

Santunan kepada Lingkungan Sekitar, Bantu SMK Sejahtera Deteksi Pergaulan Remaja Rawan Narkoba

Dalam rangka mengetahui progress dan hambatan sekolah dalam melaksanakan program pencegahan Narkoba di Lingkungan Sekolah SMK Sejahtera, tim BNNP DKI Jakarta pada hari Selasa, 9 Oktober 2018 melakukan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Kedatan tim BNNP DKI Jakarta disambut oleh Bapak Bambang S. M.Si selaku wakil Kesiswaan dan Ibu Muhlisah selaku guru BK.

Menurut pandangan sekolah, peredaran Narkoba sudah merajalela dan tidak terbendung di kalangan anak muda. Sekolah dengan berbagai upaya melakukan pengawasan kepada peserta didik, terlebih lagi sejak tahun 2013, dimana sekolah membuka jurusan Multimedia, yang banyak diminati pelajar Pria, sekolah menjadi semakin concern dengan masalah kenakalan remaja khususnya terkait Narkoba.

Pada tahun 2017, dua orang siswa SMK Sejahtera terindikasi menyalahgunakan Narkoba. Mereka terdeteksi melalui ciri-ciri fisik anak tersebut, dimana yang bersangkutan suka mengantuk dan terlihat letih. Melalui pendekatan konseling Guru BK, siswa mengakui bahwa dirinya telah menyalahgunakan Narkoba jenis Benzodiazepine (Tramadol), yang awalnya diperoleh dari temannya, dan selanjutnya dibeli di toko kosmetik dan warung-warung. Menyikapi hal ini, Kepala Sekolah, dan Wali Kelas mengajak peran orangtua murid tersebut untuk bekerjasama membina anak tersebut. Hasilnya cukup positif, siswa tersebut secara berangsur-angsur telah pulih dan dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

Upaya pencegahan yang utama adalah melalui pendekatan agama, yaitu shalat berjamaah. Hal ini sesuai dengan basis Sekolah yang merupakan Sekolah Islam.
Program pencegahan lainnya berupa sosialisasi bahaya Narkoba oleh Polsek/ Polres, Puskesmas, dan BNNK Jakarta Utara.

Program Pengawasan dilakukan melalui razia tas secara rutin satu bulan sekali. Hasil temuan sejauh ini beberapa siswa melanggar aturan tata tertib dengan membawa vape/ rokok elektrik. Selain itu, operasi lingkungan aktif dikerjakan pihak security sekolah di jam pelajaran berlangsung, untuk memantau bila ada tongkrongan siswa SMK Sejahtera. Hal lain yang sangat menarik di SMK Sejahtera adalah adanya santunan/ program CSR dari Yayasan Islam Sejahtera kepada lingkungan sekitar, yang berdampak positif terkait pantauan masyarakat sekitar terhadap pergaulan peserta didik SMK Sejahtera.

Peran Relawan Anti Narkoba di SMK Sejahtera diimplementasikan oleh Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Wali Kelas, dan Guru BK. Sangat disayangkan, peran siswa dalam upaya pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah belum dilakukan. Hal ini tekait jadwal Kegiatan Belajar Mengajar siswa yang sangat padat. Oleh karenanya tim berharap sekolah dapat menggerakan peran aktif siswa terutama dalam kampanye melalui media luar ruang sekolah, baik dalam bentuk poster, mading, dsb. Khususnya bagi peserta didik jurusan Multi Media yang dapat didaya gunakan membuat video dan outdoor advertising yang kreatif.


Dokumentasi :

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung