Thursday, November 29, 2018

Wujudkan Komitmen Sekolah Bersih Narkoba, BNNP DKI Jakarta Adakan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi Peserta Didik SMK Bhara Trikora 1 Jakarta

Sebagai tindak lanjut kegiatan deteksi dini seksi pemberdayaan masyarakat, SMK Bhara Trikora 1 Jakarta menjadi tempat berlangsungnya kegiatan Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) seksi Pencegahan kepada 60 peserta didik. Wakil Kepala SMK Bhara Trikora 1 Jakarta, Bapak Haris menyampaikan kepada peserta bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masa depan mereka, dan menjadi bekal bagi mereka bila ingin mencoba Narkoba di kemudian hari. Ibu Rina Astuti, selaku Plt. Kepala Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta menambahkan agar peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik, dan memanfaatkan narasumber untuk berbagi ilmu dan kelak dapat menjadi perpanjangan tangan BNN sebagai Relawan Anti Narkoba. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 29 November 2018.

Pada kesempatan tersebut, Penyuh Narkoba Ahli Pertama BNNP DKI Jakarta, Esther Veronica menjelaskan terkait pengenalan dasar narkoba, jenis-jenis Narkoba, penggolongan dan efek Narkotika, dan program pencegahan BNN. Ditambahkan lagi, seluruh peserta didik diharapakan waspada terkait peredaran gelap 73 New Paychoactive Substances (NPS), yang dikenal sebagai Narkotika jenis baru, dimana 65 dari 73 NPS tersebut telah masuk kedalam Permenkes 20 Tahun 2018. Penyuluh juga memberikan langkah-langkah pencegahan bagi Generasi Muda untuk menolak tawaran penyalahgunaan Narkoba.

Sosialisasi  Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Peserta Didik SMK Bhara Trikora 1 Jakarta disambut dengan antusias melalui pertanyaan dari peserta didik. Pertanyaan tersebut antara lain tentang dapatkan seorang pecandu menjadi pulih dan suskes, mengapa banyak NPS di Indonesia, mengapa perkok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif.

Sementara sebagai Narasumber kedua, dr. Nadia, M.Si selaku Kepala Seksi Pasca Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta menjelaskan materi terkait Program Rehabilitasi BNN secara medis dan sosial, Jenis-jenis NPS yang banyak beredar di kalangan remaja, dan upaya pencegahan. 

Harapan dari kegiatan ini, seluruh peserta didik dapat imun dari Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan Narkoba di masa yang akan datang. Dan program P4GN khususnya pencegahan Narkoba di lingkungan SMK Bhara Trikora 1 Jakarta dapat berlangsung secara berkelanjutan.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung