Friday, August 3, 2018

Survey Peninjauan Fasilitas Ruang Tahanan BNN bagi Gedung Kantor BNNP DKI Jakarta

Survey peninjauan/studi banding fasilitas ruang tahanan di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur bagi gedung kantor BNNP DKI Jakarta, Jumat (3/8) yang dilakukan oleh Kabag Umum BNNP DKI Jakarta - Joko Purnomo, S.Kom, M.M, M.Si, bersama dengan pihak pengembang KLB (Koefisien Lantai Bangunan) Pemprov DKI Jakarta - PT Surya Raya Investama dan pihak kontraktor pembangunan gedung - PT. Sodik Jaya Indonusa.

Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan gedung baru bagi BNNP DKI Jakarta yang bertempat di Jl. Tanah Abang II No. 102, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Kantor yang akan digunakan oleh BNNP DKI Jakarta adalah merupakan eks. kantor Suku Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Gambir Jakarta Pusat.

Direncanakan peletakan baru pertama akan dilakukan pada bulan November 2018. Sedangkan proses pembangunan gedung nantinya akan memakan waktu selama 6 bulan, sehingga diharapkan gedung baru bagi BNNP DKI Jakarta dapat selesai pada bulan Mei 2019.
 
 
Dokumentasi :
 
 



Share:

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine di SMPN 108 Jakarta Barat

Di pertengahan Tahun 2018 ini BNNP DKI Jakarta kembali melakukan serangkaian pemeriksaan Narkoba melalui tes urine di sejumlah institusi, sebagai bagian dari upaya deteksi dini penyalahgunaan Narkoba. Kegiatan yang didukung melalui bantuan hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini akan dilakukan di 140 institusi, meliputi Kementerian/Lembaga, TNI, Polri, dan Sekolah. Adapun waktu pelaksanaan dimulai dari tanggal 23 Juli hingga 14 Desember 2018.
BNNP DKI Jakarta melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melaksanakan kegiatan tes urine bertempat di SMP Negeri 108 Jakarta Barat, Jl. Flamboyan No. 53, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (3/8). Sebanyak 600 orang siswa/siswi dan guru menjalani pemeriksaan urine.


Dokumentasi :

Share:

Kedepankan Keluarga Sebagai Penghalang Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba berpotensi menjadi penghalang bonus demografi yang akan didapatkan bangsa Indonesia tahun 2030, oleh karenanya faktor keluarga menjadi hal penting yang harus dikedepankan untuk menangkalnya. Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di sela-sela pemeriksaan Narkotika melalui urine bagi pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), di Ruang Anantakupa, Gedung Kemkominfo, Jum'at (3/8) ini. "Saya mendukung kegiatan ini, bukan hanya untuk karyawan saja, tapi juga agar karyawan bisa meneruskan informasi tentang Narkoba kepada masing-masing keluarganya," ujarnya. 

Menurutnya Narkoba telah menjadi isu strategis, hal ini dapat dilihat dari angka prevalensi penyalahguna Narkoba yang cukup tinggi saat ini, yakni sekitar 1,77% atau 3,3 juta jiwa dari penduduk Indonesia berusia 10 - 59 tahun. Penyalahguna Narkoba pun kini sudah tidak lagi memandang batasan usia dan status sosial.

Kepala BNNP DKI Jakarta Johny Pol Latupeirissa mengungkapkan hasil penelitian yang dilakukan BNN bersama Universitas Indonesia tahun 2017 ditemukan fakta bahwa kalangan pekerja beresiko tinggi menjadi penyalahguna Narkoba. “Pengguna Narkoba di Indonesia 59%-nya adalah pekerja, hal ini menjadikan pekerja sebagai sasaran pasar bisnis Narkoba. Selanjutnya 24% pengguna adalah pelajar, sisanya 17% adalah mereka yang tidak mempunyai pekerjaan tetap,” katanya.

Johny mengapresiasi langkah Kemkominfo mengadakan kegiatan ini. “Kami berterima kasih kepada Menkominfo atas komitmennya untuk melakukan upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di lingkungan Kemkominfo," tambahnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian program deteksi dini penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh BNNP DKI Jakarta di 15 kementerian/lembaga pada tahun 2018. Pemeriksaan urine dilakukan kepada seluruh pejabat struktural eselon I, II, III,  IV dan staf Kominfo sebanyak 369 orang. Dari hasil pemeriksaan tidak didapati adanya penyalahguna Narkotika dan Psikotropika di lingkungan Kominfo. (SieDayamas).





Share:

Diseminasi Informasi P4GN Melalui Kampanye Stop Narkoba dengan Mobil Sosialisasi Keliling

P2M seksi pencegahan melakukan sosialisasi keliling kepada masyarakat, pekerja, dan pelajar. Rute melewati wilayah jakarta selatan, meliputi Jalan Rasuna Said - Warung Buncit - Pejaten Barat - Ampera Raya (depan arsip nasional) - Madrasah Raya - Makam Jeruk Purut kemudian Jalan Cipete Raya (Taman Gajah).

Penyuluh narkoba BNNP DKI Jakarta memberi penyuluhan kepada para kurir barang Lazada tentang bahayanya Narkoba serta dampak buruknya. Kemudian mobil sosialisasi keliling melanjutkan ke arah Cilandak Barat Jalan RS Fatmawati - Terogong Raya mengarah ke JIS (Jakarta International School) 

Dilanjutkan ke arah sekolah Duta kemudian kearah Pondok Indah di Metro Alam menjadi titik berikutnya penyuluhan narkoba kepada warga dan para pekerja tentang berbagai macam jenis narkoba dan dampak buruk bagi penggunanya.



Share:

Kegiatan Vokasional Rumah Damping Tahap I Pelayanan Pascarehabilitasi Intensif BNNP DKI Jakarta

Rabu, 1 Agustus 2018. Rumah Damping BNNP DKI Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa melaksanakan kegiatan vokasional kewirausahaan "Dim Sum" kegiatan ini di fasilitasi oleh Hafizoh, bertujuan untuk melatih kemampuan para mantan penyalahguna narkoba agar memiliki keterampilan dalam berwirausaha setelah selesai menjalani program pascarehabilitasi intensif di Rumah Damping.









Share:

Layanan Skrining Dan Internsi Singkat Bulan Juli 2018

Layanan Skrining dan Intervensi Lapangan Bidang Rehabilitasi BNN Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan mulai tanggal 13 Juli 2018 sampai 31 Juli 2018 di 8 sekolah wilayah DKI Jakarta. Kegiatan SIL dilaksanakan oleh Julino Jati, SE dan Santoso, petugas SIL BNNP DKI Jakarta.

 
 
 
 
 
Di bulan Juli 2018, setiap sekolah sedang sibuk dengan kegiantan penerimaan murid baru. Alhasil, layanan SIL melaksanakan hanya kegiatan kordinasi dengan pihak sekolah (Kepala sekolah, dan bagian kesiswaan) dalam melakukan pemetaan, serta dalam rangka mengidentifikasi dan memfasilitasi layanan rehabilitasi bagi penyalahguna narkotika di lingkungan sekolah.
Share:

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung