Wednesday, September 19, 2018

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine di SMA Negeri 74 Jakarta

JAKARTA, BNNP DKI JAKARTA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Deteksi Dini Pemeriksaan Urine Bagi Siswa/i SMA Negeri 74 Jakarta di Jalan Dharma Putra IX, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018).

Kegiatan tersebut dilakukan melalui tes urin kepada Siswa/i SMA Negeri 74 Jakarta. Ada 600 peserta yang mengikuti tes urin tersebut.

Ratusan peserta tampak antusian mengikuti tes urin yang dilaksanakan oleh BNNP DKI Jakarta. Dari 600 peserta itu tidak ada yang terindikasi penyalahgunaan psikotropika/narkotika.



Share:

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine Bagi Pegawai Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta

JAKARTA, BNNP DKI JAKARTA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Deteksi Dini Pemeriksaan Urine Bagi Pegawai Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta di Aula Gedung Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Jakarta Jl. Bekasi Raya Km. 18, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu(19/09/2018).

Kegiatan tersebut dilakukan melalui tes urin kepada Pegawai Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta. Ada 126 peserta yang mengikuti tes urin tersebut dan tidak ada yang terindikasi penyalahgunaan psikotropika/narkotika.


Share:

Monitoring dan Evaluasi P4GN di SMK Cengkareng, Jakarta Barat

Sebagai tindak lanjut Pembekalan P4GN yang pernah diberikan kepada kurang lebih 200 Guru Bimbingan Konseling (BK) di Tahun 2017, dimana salah satu pesertanya ada Guru BK SMK Cengkareng. BNNP DKI Jakarta melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan tujuan mengadvokasi implementasi program pencegahan Narkoba di sekolah tersebut.

Pada kesempatan ini Kepala Seksi Pencegahan Sayyid Aranjaya bersama Penyuluh Narkoba Untung Subagio berdiskusi dengan Kepala Sekolah beserta para guru terkait pembentukan Relawan Anti Narkoba, penyusunan kebijakan atau peraturan tentang pencegahan Narkoba di sekolah, serta merancang kegiatan-kegiatan kampanye Stop Narkoba yang melibatkan siswa. Hal ini dilakukan dikarena informasi dari Kepala Sekolah, Ibu Sri Lestari, SE bahwa sekolah belum mempunyai penggiat anti narkoba, ataupun memanfaatkan media-media seperti spanduk dalam menyampaikan himbauan anti Narkoba. Hal ini disebabkan karena kondisi yayasan yang saat ini sedang dalam kondisi tidak optimal. Namun demikian kondisi tersebut tidak menyurutkan para tenaga pendidik untuk melakukan upaya pencegahan secara mandiri. Untuk itu pihak sekolah juga rutin melalukan razia yang dilaksanakan setiap hari. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung program sekolah bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dan lingkungan sekolah terus terjaga bersih dari penyalahgunaan Narkoba .


Dokumentasi :

Share:

Rapat Monev Relawan Anti Narkoba di SMA Adi Luhur

Pada hari Rabu, 19 September 2018 Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi hasil sebagai tindak lanjut Pembekalan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di DKI Jakarta di SMA Adi Luhur yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba yang telah dilakukan dilingkungan sekolah dan hambatannya. Dalam kesempatan ini, Wakil Kesiswaan, Ibu Kartini, berharap dengan adanya kunjungan BNNP DKI Jakarta dapat memaksimalkan kegiatan terkait pencegahan Narkoba di SMA Adi Luhur.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Novita selaku guru BK menyadari bahaya kerawanan peredaran Narkoba jenis baru di kalangan anak muda. Beliau juga merasa miris melihat mudah dan cepatnya anak remaja terpengaruh pergaulan. Sehingga, Yayasan Adi Luhur khususnya SMA Adi Luhur sangat menyambut baik kehadiran BNNP DKI Jakarta untuk bersinergi dalam menciptakan sekolah yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

Wakil kesiswaan menambahkan bahwa relawan Anti Narkoba di SMA Adi Luhur selain tergabung sebagai binaan BNN Kota Jakarta Timur juga mengikutsertakan siswa dalam pelatihan Satgas Anti Narkoba Sudin Pendidikan Jakarta Timur Wilayah II. Kebijakan P4GN SMA Adi Luhur di dukung oleh seluruh komponen sekolah, baik dari Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Guru, Yayasan Adi Luhur, dan Komite Sekolah. Sehingga program P4GN di lingkungan SMA Adi Luhur sudah berjalan dengan baik. Program tersebut antara lain tata tertib terkait larangan penyalahgunaan Narkoba, sosialisasi bahaya Narkoba pada secara langsung maupun menggunakan media luar ruang, dan razia para siswa.

Selaku Ketua tim Afib Rizal, mengapresiasi segala bentuk peran aktif pihak sekolah dalam upaya Pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah. Meskipun terdapat rekomendasi agar sekolah dapat memanfaatkan fasilitas layanan yang diberikan BNNP DKI Jakarta seperti layanan narasumber penyebarluasan informasi P4GN kepada para siswa/ orangtua murid, layanan rehabilitasi, dan layanan deteksi dini melalui tes urin.


Dokumentasi :

Share:

Kegiatan Vokasional Rumah Damping Tahap II Pelayanan Pascarehabilitasi Intensif BNN Provinsi DKI Jakarta

Senin, 17 September 2018. Rumah Damping BNN Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan vokasional "Service Pendingin AC" kegiatan ini di fasilitasi oleh Japar Sidiq, bertujuan untuk memotivasi dan melatih kemampuan para mantan penyalahguna narkoba agar dapat menggali keterampilan serta pengetahuan di bidang mesin pendingin setelah selesai menjalani program pascarehabilitasi intensif di Rumah Damping.




Share:

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung