Thursday, September 20, 2018

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine di SMA Negeri 24 Jakarta Pusat

BNNP DKI Jakarta melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melaksanakan kegiatan tes urine bertempat di SMA Negeri 24 Jakarta Pusat, Jl. Raya Lapangan Tembak No. 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat Kamis (20/9). Sebanyak 511 orang siswa/siswi menjalani pemeriksaan urine tersebut.

Dokumentasi :


Share:

Universitas Sahid Dukung BNN Kota Jakarta Selatan Berantas Narkoba



Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Selatan bekerjasama  dengan Universitas Sahid Tebet Jakarta Selatan mengadakan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dan pemeriksaan urine kepada para mahasiswa baru di tahun ajaran 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus yang berwawasan anti narkoba dan mahasiswanya bersih dari penyalahgunaan narkoba. Kegiatan diadakan di aula lt. 8 Universitas Sahid selama 2 (dua) hari pada hari Selasa (18/9/2018) dan Rabu (19/9/2018). Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Martha Istyawan, SKM dan Ahmad Sulaiman, S.Ikom selaku penyuluh narkoba seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Jakarta Selatan. 
Adapun untuk pemeriksaan urine di ikuti oleh 272 (dua ratus tujuh puluh dua) orang mahasiswa baru dari berbagai fakultas dan dari kelas reguler serta karyawan. Pihak Universitas Sahid menuturkan mereka mempunyai tanggungjawab moral terhadap para mahasiswa agar terhindar dari  bahaya narkoba dan untuk menciptakan  lingkungan kampus yang sehat dan bersih dari penyalahgunaan narkoba.  Universitas Sahid siap mendukung setiap upaya pemerintah dalam memberantas narkoba dan juga akan bersinergi bersama BNNK Jaksel dalam program P4GN.#stopnarkoba.(ans).


Share:

Monitoring dan Evaluasi P4GN di SMA Cendrawasih 1, Jakarta Selatan

Sebagai tindak lanjut Pembekalan P4GN yang pernah diberikan kepada kurang lebih 200 Guru Bimbingan Konseling (BK) di Tahun 2017, dimana salah satu pesertanya ada Guru BK SMA Cendrawasih 1. BNNP DKI Jakarta melaksanakan monitoring dan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi program pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah beserta hambatannya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 20 September tersebut, Penyuluh Narkoba Untung Subagio dan Linda Susanti berdiskusi dengan Kepala Sekolah Ibu Dwi Susanti beserta para guru terkait pembentukan Relawan/ Penggiat Anti Narkoba, penyusunan kebijakan atau peraturan tentang pencegahan Narkoba di sekolah, serta merancang kegiatan-kegiatan kampanye Stop Narkoba yang melibatkan siswa.

Dari hasil monev ini, diketahui informasi bahwa sekolah belum membentuk siswa untuk menjadi penggiat anti Narkoba. Penggiat anti Narkoba saat ini baru dilaksanakan oleh para guru yang memanfaatkan jam pelajaran didalam kelas untuk menyisipkan materi tentang bahaya Narkoba.

Namun demikian, pihak sekolah telah menerapkan kebijakan atau aturan yang terkait penyalahgunaan Narkoba dengan menerapkan sanksi berupa sistem poin dimana sanksi poin yang diberikan yaitu 100 poin. Selain itu juga dilakukan upaya untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba dengan melakukan razia secara mendadak dikelas-kelas. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung program sekolah bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dan lingkungan sekolah bisa menerapkan hidup bersih dari penyalahgunaan Narkoba.


Dokumentasi :

Share:

Rapat Monev Relawan Anti Narkoba di SMK Teknologi Adi Luhur

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi hasil Pembekalan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di DKI Jakarta. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di SMK Teknologi Adi Luhur, pada hari Kamis, 20 September 2018.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba yang telah dilakukan dilingkungan sekolah dan hambatannya. Wakil Kesiswaan, Ibu Euis, antusias menyambut kehadiran tim BNNP DKI Jakarta. Beberapa pertanyaan dilontarkan beliau terkait tes urin, dan program rehabilitasi BNN.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Euis berserta guru BK, ibu Nafsiah menyampaikan upaya pencegahan Narkoba di lingkungan sekolahnya. Upaya tersebut antara lain dengan memberikan himbauan kepada para siswa saat jam pelajaran, monitoring perkembangan siswa dari wali kelas, sosialisasi tentang kenakalan remaja dengan bantuan pihak Polsek setempat. Selain itu, sekolah juga sangat responsif untuk melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba maupun pembentukan Satgas wilayah Suku Dinas Pendidikan Wilayah Timur II. Ditambahkan lagi, SMK Teknologi Adi Luhur telah memberlakukan pakta integritas kepada setiap siswa untuk mematuhi setiap tata tertib yang telah berlaku. Sebagai tambahan, bentuk razia yang dilakukan tim BP SMK Teknologi Adi Luhur tidak hanya dengan melakukan razia tas, namun juga melakukan patroli keliling sekolah di saat jam pulang sekolah. Hal ini adalah bentuk antisipasi agar tidak ada siswa yang nongkrong di lingkungan sekitar karena dikhawatirkan rentan melakukan kenakalan remaja seperti merokok, tawuran, dll.

Selaku Ketua tim dan Kepala Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta, Sayyid Aranjaya, mengapresiasi segala bentuk peran aktif pihak sekolah dalam upaya Pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah. Namun demikian, diharapkan sekolah mau berperan aktif untuk menyuarakan dan melakukan aksi bahaya Narkoba di lingkungan sekolah. Beliau menghimbau agar siswa yang telah mengikuti kegiatan Satgas Anti Narkoba dapat didorong untuk berkreasi membuat media penyampaian informasi bahaya Narkoba. Sebagai penutup, beliau juga menyampaikan agar sekolah dapat memanfaatkan layanan yang diberikan oleh BNNP DKI Jakarta seperti Narasumber untuk mengisi pada acara kesiswaan, dan deteksi dini melalui tes urin, serta layanan rehabilitasi apabila ada siswa yang terindikasi menjadi pecandu/ penyalahguna Narkoba.

Dokumentasi :

Share:

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine di SMK Cinta Kasih Tzu Chi, Jakarta Barat

BNNP DKI Jakarta melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melaksanakan kegiatan tes urine bertempat di SMK Cinta Kasih Tzu Chi, Jl. Kamal Raya Outer Ring Road No. 20, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (20/9). Sebanyak 313 orang siswa/siswi menjalani pemeriksaan urine tersebut. 


Dokumentasi :


Share:

Featured Post

Pray For Lion Air JT-610

Segenap jajaran BNNP DKI Jakarta Turut Berduka Cita atas musibah jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa ...

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung