Wednesday, September 26, 2018

Pemeriksaan Narkotika Melalui Tes Urine Bagi Personel Satgas Pengamanan VVIP KTT IMF World Bank Annual Meeting 2018 Hari ke II

JAKARTA, BNNP DKI JAKARTA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta melakukan kegiatan Pemeriksaan Narkotika Melalui Tes Urine Bagi Personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan VVIP dalam rangka KTT IMF World Bank Annual Meeting 2018, berlokasi di Mako Paspamres Jl. Tanah Abang II No.6, Jakarta Pusat, Rabu(26/09/2018).

Sebanyak 544 personel dilakukan pemeriksaan tes urin bagi personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan VVIP dalam rangka KTT IMF World Bank Annual Meeting 2018. Dan dari hasil pelaksanaan tes urin ini dinyatakan Negatif (Tidak ada yang terindikasi menyalahgunakan Narkotika dan Psikotropika).


Share:

Rapat Monev Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMK Kartini Borobudur

Narkoba, seks bebas dan tawuran menjadi keprihatinan bersama dari para Guru menyikapi kondisi para pelajar saat ini. Demikian disampaikan oleh Bapak Arief, Kepala sekolah SMK Kartini Borobudur kepada Tim dari BNNP DKI Jakarta yang dipimpin Kasi Pencegahan, Sayyid Aranjaya, dalam kegiatan rapat monitoring dan evaluasi hasil Pembekalan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di DKI Jakarta. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Cilandak, Jakarta Selatan pada hari Rabu, 26 September 2018.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba yang telah dilakukan dilingkungan sekolah dan hambatannya. Selain Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling, Ibu Dewi, antusias menyambut kehadiran tim BNNP DKI Jakarta. Beberapa pertanyaan dilontarkan beliau terkait tes urin, dan program rehabilitasi BNN.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa sekolah selalu berusaha melakukan upaya pencegahan melalui berbagai cara antara lain dengan memberikan himbauan kepada para siswa saat jam pelajaran, monitoring perkembangan siswa dari wali kelas, sosialisasi tentang kenakalan remaja, meskipun diakui belum dialokasikan waktu khusus terkait Narkoba. Namun demikian ditambahkan lagi bahwa SMK Kartini Borobudur telah memberlakukan pakta integritas kepada setiap siswa untuk mematuhi setiap tata tertib yang telah berlaku. Sebagai tambahan, bentuk pencegahan lain yang dilakukan adalah dengan secara berkala melakukan razia tas milik siswa.

BNNP DKI Jakarta mengapresiasi segala bentuk peran aktif pihak sekolah dalam upaya Pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah. Namun demikian, diharapkan sekolah dapat meningkatkan peran aktif pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah melalui pemasangan himbauan-himbauan Anti Narkoba. Selain itu diharapkan agar sekolah dapat memanfaatkan layanan yang diberikan oleh BNNP DKI Jakarta seperti Narasumber untuk mengisi penyuluhan bahaya narkoba pada acara kesiswaan, dan deteksi dini melalui tes urin, serta layanan rehabilitasi apabila ada siswa yang terindikasi menjadi pecandu/ penyalahguna Narkoba.


Dokumentasi :


Share:

Rapat Monev Relawan Anti Narkoba di SMK Pariwisata Adi Luhur

Dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba yang telah dilakukan dilingkungan sekolah dan hambatannya, khususnya di SMK Pariwisata Adi Luhur. Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta pada Rabu, 26 September 2018 melaksanakan rapat Monev Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Wakil Kurikulum, dalam sambutannya secara terbuka menerima kedatangan tim BNNP DKI Jakarta dengan meminta agar tim BNNP DKI Jakarta rajin mengupdate informasi terbaru melalui WA.

Dalam kesempatan tersebut, Guru BK, Ibu Syarifah Ulya yang juga mengikuti rapat menyampaikan upaya pencegahan Narkoba di lingkungan sekolahnya. Upaya tersebut antara lain dengan memberikan himbauan kepada para siswa saat jam pelajaran, dan melakukan konseling kepada para peserta didik. Upaya tersebut didukung oleh berbagai pihak, bukan hanya guru BK semata, namun juga Kepala Sekolah, Kepala Jurusan, Kesiswaan turut memonitor perkembangan siswa dari wali kelas. Pada saat MPLS tahun ajaran 2017/2018, sekolah mengundang Polsek Kramat Jati untuk mengisi materi Bahaya Narkoba kepada peserta didik baru. Selain itu, sekolah juga telah melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba maupun pembentukan Satgas wilayah Suku Dinas Pendidikan Wilayah Timur II. Satgas tersebut juga telah memberikan karya tangan melalui mading sekolah tentang Bahaya Narkoba.

Ditambahkan lagi, SMK Pariwisata Adi Luhur telah meberlakukan pakta integritas kepada setiap siswa untuk mematuhi setiap tata tertib yang telah berlaku. Sama halnya dengan, SMK Teknologi Adi Luhur, SMK Pariwisata Adi Luhur dalam hal pengawasan tidak hanya melakukan razia tas, namun juga melakukan patroli keliling sekolah di saat jam pulang sekolah. Hal ini adalah bentuk antisipasi dari Yayasan Adi Luhur meminimalisir adanya tongkrongan dari peserta didik yang rentan melakukan kenakalan remaja seperti merokok, tawuran, dll. Disamping itu, terkait upaya deteksi dini, setiap siswa kelas XI wajib melakukan tes urin untuk mengikuti On Job Training dengan biaya mandiri.

Selaku Ketua tim, Afib Rizal mengapresiasi segala bentuk peran aktif pihak sekolah dalam upaya Pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah, dan berharap dapat konsisten dalam pelaksanaannya. Afib Rizal juga menyampaikan agar sekolah dapat memanfaatkan layanan deteksi dini melalui tes urin, serta layanan rehabilitasi apabila ada siswa yang terindikasi menjadi pecandu/ penyalahguna Narkoba.

Dokumentasi :


Share:

Pelaksanaan Asesmen Terpadu Tersangka Penyalahguna Narkotika

Pelaksanaan Asesmen Terpadu Tersangka kepada Penyalahguna Narkotika Terkait Masalah Hukum. Tersangka inisial MH dan DS (laki - laki) merupakan tahanan dari Polsek Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pelaksanaan Asesmen dilakukan oleh Tim Asesmen Terpadu BNNP DKI Jakarta pada tanggal 26 September 2018 di Kantor BNNP DKI Jakarta, Gedung Nyi Ageng Serang Lantai 6, Jl. HR.Rasuna Said Kav 22C, Kuningan, Jakarta Selatan, dengan hasil rekomendasi Rehabilitasi Rawat Jalan di Lembaga Instansi Pemerintah.


Dokumentasi :

 
Share:

Sosialisasi Narkoba Apel Siaga PT. Prima Nur Panurjwan Pelabuhan Tanjung Priok

Sosialisasi Narkoba pada Apel Siaga PT.  Prima Nur Panurjwan di Pelabuhan Tanjung Priok
Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu 26 September 2018
BNN Kota Jakarta Utara menghadiri Apel siaga sekaligus Sosialisasi bahaya Narkoba pada karyawan dan staf  PT. Prima Nur Panurjwan.
Sosialisasi ini diikuti oleh 100 orang karyawan, staf dan security. Apel sekaligus Sosialisasi Bahaya Narkoba dimulai pukul 07.30 s/d 09.20wib di Pelabuhan Tanjung priok. 
Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Kota Jakarta Utara, Fadly Saleh, SKM memaparkan informasi tentang Narkotika, Psikotropika dan bahan adiktif lainnya serta Indonesia sebagai Darurat Narkoba dan menjelaskan tentang bagaimana peran negara tetangga dalam peredaran narkoba di Indonesia (proxy war) serta para bandar narkoba menggunakan modus operandi dalam menjalankan bisnis haramnya.
Pesan khusus kepada para staf, karyawan dan pekerja dilingkungan PT.  Prima Nur Panurjwan agar jauhi narkoba sekarang juga karena penyalahgunaan narkoba tdk lagi memandang status sosial.
Diharapkan dengan Sosialiasasi ini para karyawan PT.  Prima nur panurjwan dapat memperoleh informasi dan meningkatkan pemahaman tentang bahaya Narkoba. Ini sebagai langkah strategi penyampaian informasi dan tujuannya yaitu meningkatkan proteksi diri dan ketahanan terhadap narkoba serta kepedulian untuk  mencegah narkoba.
#stopnarkoba
#bnnkjakut
Share:

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung