Tuesday, October 9, 2018

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine Bagi Pelajar SMK Negeri 35 Jakarta

BNNP DKI Jakarta melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melaksanakan kegiatan tes urine bertempat di SMK Negeri 35 Jakarta, Jl. Kerajinan Kebun Sayur No. 42, Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa (9/10). Sebanyak 249 orang siswa/siswi menjalani pemeriksaan urine tersebut.


Dokumentasi :




Share:

Kegiatan Vokasional Rumah Damping Tahap II Pelayanan Pascarehabilitasi Intensif BNN Provinsi DKI Jakarta

Sabtu, 6 Oktober 2018 Rumah Damping BNN Provinsi DKI jakarta bekerja sama dengan Nara Kreatif melaksanakan Vokasional "Produksi Gelang" dari benang dan kulit, kegiatan di ikuti oleh 7 orang klien yang di fasilitasi oleh Asep Wildan. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para mantan penyalahguna lebih kreatif, kegiatan ini juga bisa di jadikan bidang usaha rumahan bila selesai menjalani pascarehabilitasi rumah damping.




Share:

Bimbingan Teknis Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Mantan Klien Rehabilitasi

Jakarta, BNNP DKI Jakarta - Sebagai upaya memutus rantai penggunaan narkotika di Indonesia khususnya di DKI Jakarta, BNNP DKI Jakarta melalui bidang Rehabilitasi mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Mantan Klien Rehabilitasi.

Berlokasi di Hotel Fave, Jakarta Timur, Selasa (09/10/2018), sebanyak 23 mantan klien rehabilitasi yang berasal dari BNNP DKI Jakarta, BNNK Jakarta Utara, BNNK Jakarta Tmur, BNNK Jakarta Selatan, dan komponen masyarakat, menjalani program pascarehabilitasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas secara mandiri dengan membuat usaha sendiri, dengan keterampilan yang diberikan oleh program peningkatan kompetensi ini.

Kepala BNNP DKI Jakarta Drs. Johny Pol Latupeirssa mengatakan kualitas hidup seseorang tergantung dari jiwa dan mentalnya. Ada orang yang pintar tapi mental tidak bagus, jiwa dan mental yang baik akan menghasilkan perilaku yang baik.




Share:

Cegah Narkoba, SMK Keluarga Widuri Razia Tas Para Siswa

Dalam upaya membangun jejaring para  Guru BK yang tergabung dalam relawan anti Narkoba dengan BNNP DKI Jakarta, Tim Seksi Pencegahan pada Selasa, 9 Oktober 2018 berkunjung ke SMK Keluarga Widuri, Jakarta Selatan. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana implementasi program pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah beserta hambatannya.

Dalam kesempatan ini tim dari BNNP DKI Jakarta yaitu penyuluh  narkoba, reinhardt berdiskusi dengan guru BK SMK Keluarga Widuri, Bapak Muh. Aidin. Beliau menyampaikan upaya pencegahan Narkoba di lingkungan sekolahnya. Upaya tersebut antara lain dengan memberikan himbauan kepada para guru agar menyisipkan materi tentang bahaya Narkoba. Selain itu, SMK Keluarga Widuri memiliki tata tertib yang melarang penyalahgunaan Narkoba dan menerapkan sanksi bagi yang melanggar, salah satunya berupa perjanjian perubahan sikap melalui pembinaan. Tak lupa pihak sekolah pun memberikan informasi bahaya penyalahgunaan Narkoba dengan tidak hanya memberikan sosialisasi tetapi juga melalui media seperti poster dan stiker yang di pasang di mading sekolah. Razia tas secara berkala kepada siswa yang dilakukan oleh para guru dan dipimpin kepala sekolah secara berkala dan mendadak juga menjadi salah satu upaya pencegahan, dan tidak hanya melakukan razia tetapi sekolah pun  melakukan patroli keliling sekolah di saat jam pulang sekolah. Hal ini adalah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tawuran antar sekolah.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba di SMK Keluarga Widuri dapat terus ditingkatkan sehinggu terwujud lingkungan sekolah yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba.


Dokumentasi :

Share:

Pelaksanaan Asesmen Terpadu Tersangka Penyalahguna Narkotika

Pelaksanaan Asesmen Terpadu Tersangka kepada Penyalahguna Narkotika Terkait Masalah Hukum. Tersangka inisial P (laki - laki) merupakan tahanan dari Polda Metro Jaya. Pelaksanaan Asesmen dilakukan oleh Tim Asesmen Terpadu BNNP DKI Jakarta pada tanggal 9 Oktober 2018 di Kantor BNNP DKI Jakarta, Gedung Nyi Ageng Serang Lantai 6, Jl. HR.Rasuna Said Kav 22C, Kuningan, Jakarta Selatan, dengan hasil rekomendasi Rehabilitasi Rawat Inap di Lembaga Instansi Pemerintah.


Dokumentasi :
 
Share:

Santunan kepada Lingkungan Sekitar, Bantu SMK Sejahtera Deteksi Pergaulan Remaja Rawan Narkoba

Dalam rangka mengetahui progress dan hambatan sekolah dalam melaksanakan program pencegahan Narkoba di Lingkungan Sekolah SMK Sejahtera, tim BNNP DKI Jakarta pada hari Selasa, 9 Oktober 2018 melakukan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Kedatan tim BNNP DKI Jakarta disambut oleh Bapak Bambang S. M.Si selaku wakil Kesiswaan dan Ibu Muhlisah selaku guru BK.

Menurut pandangan sekolah, peredaran Narkoba sudah merajalela dan tidak terbendung di kalangan anak muda. Sekolah dengan berbagai upaya melakukan pengawasan kepada peserta didik, terlebih lagi sejak tahun 2013, dimana sekolah membuka jurusan Multimedia, yang banyak diminati pelajar Pria, sekolah menjadi semakin concern dengan masalah kenakalan remaja khususnya terkait Narkoba.

Pada tahun 2017, dua orang siswa SMK Sejahtera terindikasi menyalahgunakan Narkoba. Mereka terdeteksi melalui ciri-ciri fisik anak tersebut, dimana yang bersangkutan suka mengantuk dan terlihat letih. Melalui pendekatan konseling Guru BK, siswa mengakui bahwa dirinya telah menyalahgunakan Narkoba jenis Benzodiazepine (Tramadol), yang awalnya diperoleh dari temannya, dan selanjutnya dibeli di toko kosmetik dan warung-warung. Menyikapi hal ini, Kepala Sekolah, dan Wali Kelas mengajak peran orangtua murid tersebut untuk bekerjasama membina anak tersebut. Hasilnya cukup positif, siswa tersebut secara berangsur-angsur telah pulih dan dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

Upaya pencegahan yang utama adalah melalui pendekatan agama, yaitu shalat berjamaah. Hal ini sesuai dengan basis Sekolah yang merupakan Sekolah Islam.
Program pencegahan lainnya berupa sosialisasi bahaya Narkoba oleh Polsek/ Polres, Puskesmas, dan BNNK Jakarta Utara.

Program Pengawasan dilakukan melalui razia tas secara rutin satu bulan sekali. Hasil temuan sejauh ini beberapa siswa melanggar aturan tata tertib dengan membawa vape/ rokok elektrik. Selain itu, operasi lingkungan aktif dikerjakan pihak security sekolah di jam pelajaran berlangsung, untuk memantau bila ada tongkrongan siswa SMK Sejahtera. Hal lain yang sangat menarik di SMK Sejahtera adalah adanya santunan/ program CSR dari Yayasan Islam Sejahtera kepada lingkungan sekitar, yang berdampak positif terkait pantauan masyarakat sekitar terhadap pergaulan peserta didik SMK Sejahtera.

Peran Relawan Anti Narkoba di SMK Sejahtera diimplementasikan oleh Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Wali Kelas, dan Guru BK. Sangat disayangkan, peran siswa dalam upaya pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah belum dilakukan. Hal ini tekait jadwal Kegiatan Belajar Mengajar siswa yang sangat padat. Oleh karenanya tim berharap sekolah dapat menggerakan peran aktif siswa terutama dalam kampanye melalui media luar ruang sekolah, baik dalam bentuk poster, mading, dsb. Khususnya bagi peserta didik jurusan Multi Media yang dapat didaya gunakan membuat video dan outdoor advertising yang kreatif.


Dokumentasi :

Share:

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah di Puskesmas Kec. Tanah Abang

Bidang Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah, bertempat di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada hari Selasa, 9 Oktober 2018. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi tersebut dilaksanakan oleh Psikolog Seksi Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta, Dewi Anisa Qisti, S.Psi dan Fasilitator Rehabilitasi Seksi Pascarehabilitasi BNNP DKI Jakarta, Tiu Muhardini, S.Pd.


Dokumentasi :

Share:

elatihan Satuan Pengamanan bagi Klien Pascarehabilitasi BNNK Jakarta Utara

Pelatihan Satuan Pengamanan bagi Klien Pascarehabilitasi BNNK Jakarta Utara Kerjasama dengan Sudinnakertrans Jakarta Utara, 9 - 23 Oktober 2018
BNN Kota Jakarta Utara kembali memberikan pelatihan kepada klien pascarehabilitasi yg sudah pulih namun belum produktif. Pelatihan Satuan Pengamanan tersebut adalah wujud dari kerjasama dengan Sudinnakertrans Jakarta Utara. Salah satu instansi pemerintah kota jakarta utara yg berperan aktif dan peduli akan kelangsungan hidup para klien pasca rehabilitasi .Dengan kerjasama antar stake holder dan pelatihan tersebut, diharapkan klien pascarehabilitasi BNNK Jakarta Utara dapat pulih produktif serta kembali pada fungsi sosialnya baik untuk diri sendiri, keluarga maupun di Masyarakat.
Kasi rehabilitasi jakarta utara, dr. Novianti purnamasari beserta tim rehabilitasi menyerahkan Sebanyak 3 orang klien Pascarehabilitasi kepada Kasudin.Nakertrans Bpk DR. Dwi Untoro, Msi. Untuk mengikuti pelatihan Satuan Pengamanan. Dan dlam pelatihan tersebut  mereka mendapatkan sertifikat sekaligus Kartu Tanda Anggota ( KTA ) petugas pengamanan yg dpt digunakan sebagai identitas mrk jika akan melamar dan kartu tanda anggota ( KTA ) tsb adalah salah satu syarat untuk melamar menjadi satuan pengamanan diwilayah. Pelatihan tersebut diadakan di Kantor Sudinnakertrans Jakarta Utara di daerah Semper - Jakarta Utara. Pelatihan berlangsung selama 14 hari kerja.latihan fisik, dan mental dilakukan selama 14 hr, guna membentuk anggota menjadi lbh disiplin dlm bekerja. pelatih pengamanan pun didatangkan dari satuan polda metro jaya.
Kepala BNN Kota Jakarta Utara, Yuanita Amelia Sari, Se. M.Si  mengharapkan dengan diselenggarakannya pelatihan ini para klien pascarehabilitasi bisa mendapatkan bekal ilmu yg nantinya bisa dipakai untuk mendapatkan sumber penghasilan serta dpt lbh bertanggung jawab thdp diri sendiri dan keluarga. Serta juga dapat kembali pada fungsi sosialnya masing-masing.sesuai visi dan misi Rehabilitasi. Dengan banyak melakukan kegiatan positif dan produktif, klien pascarehabilitasi dapat konsisten mempertahankan pemulihannya.
#stopnarkoba
Share:

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung