Thursday, October 11, 2018

Pembahasan Tentang Website BNN

Kamis 11 Oktober 2018
Tempat di Ruang Rapat Lantai 1 BNN Pusat
BNN Kota Jakarta Utara hadir sebagai undangan dalam hal pembahasan Website BNN.
Pembahasan  tentang website BNN :
1. Tim pengembang memaparkan konsep baru new website BNN
2. layout site bersifat dinamis
3. Di tambahkan informasi dayamas di website BNN
4. Fitur live chat untuk komunikasi antara masyarakat dan BNN lewat custumer service
5. Data statiska yang di tampilkan akan di bicarakan lebih lanjut filter by date
6. Di tambahkan menu pendaftaran online rehabilitas, direct ke website sirena, dan konten informasi pelaksanaan kerjasama
7. Fitur suara masyarakat memiliki proses approval akan di tampilkan seperti linimasa
8. Konten direct link semua aplikasi BNN di tampilkan di footer website BNN
9. Medsos menggunakan akun milik humas BNN
10. Data statiska di antaranya: total kasus Narkoba, Total kasus penyalahguna, Total tersangka, Jumlah test urine, jumlah sebaran informasi
11. Menu Default dan layout website BNNP akan di persiapkan dan konten di kelola oleh BNNP
12. Sistem ticketing untuk pengajuan SKPN perlu ada pembahasan internal dahulu.
Share:

SMKN 46 Jakarta Menjauhi Narkoba

Selalu menyampaikan informasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba pada saat jam pelajaran Bimbingan Konseling merupakan salah satu upaya pencegahan yang dilakukan di lingkungan SMK Negeri 46 Jakarta. Bahkan informasi tersebut perlu disampaikan sejak dari usia dini. Begitulah penjelasan dari Ibu Cik Noni, selaku Guru BK dan Relawan Anti Narkoba,  kepada Linda Susanti dan Tim Pencegahan BNNP DKI Jakarta.

Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta berkunjung ke SMK Negeri 46 Jakarta pada tanggal 11 Oktober 2018 dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi dari kegiatan Pembekalan P4GN bagi Guru BK yang telah dilaksanakan di tahun 2017. Selain itu, upaya pencegahan juga dilakukan melalui sosialisasi dan pengawasan lingkungan. Pihak sekolah mengundang Polsek setempat untuk memberikan sosialisasi tentang pencegahan kenakalan remaja dan bahaya narkoba bagi siswa didiknya. Razia tas dan barang bawaan siswa secara berkala, serta adanya CCTV dilakukan oleh pihak sekolah untuk pengawasan lingkungan.

Dan berdasarkan penjelasan Bapak Aji Rahmad, selaku perwakilan Bidang Kesiswaan, SMK Negeri 46 Jakarta memiliki tata tertib yang melarang penyalahgunaan Narkoba bagi siswa-siswinya. Meskipun sebagian besar peserta didiknya adalah perempuan, namun SMK Negeri 46 Jakarta menyatakan perlunya dukungan tes urine dari BNNP DKI Jakarta, sebagai upaya deteksi dini penyalahgunaan Narkoba. Diharapkan, terciptanya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih dari penyalahgunaan Narkoba.


Dokumentasi :

Share:

Informasi dari Siswa Bantu Guru BK SMK Tunas Markatin Cegah Narkoba di Sekolah

Tahun lalu, ada anak didik kami memakai Narkoba, jika tidak ada informasi dari temannya, mungkin tidak terdeteksi. Demikian cerita dari Ibu Nessia Septiana kepada tim BNNP DKI Jakarta di SMK Tunas Markatin pada hari Kamis, 11 Oktober 2018 saat melakukan monitoring dan evaluasi Lingkungan Sekolah terkait upaya pencegahan Narkoba yang telah diimplementasikan oleh para Relawan Anti Narkoba.

Menurut ibu Nessia, Guru BK. Permasalahan Narkoba dan kenakalan remaja sudah sangat memprihatinkan karena saat ini kita kesulitan mengetahui jenis-jenis Narkoba. Jika dahulu kita kenal shabu, ganja, sekarang bentuknya sudah berbeda lagi, bisa permen, kue, barang-barang yang sangat lazim di konsumsi khalayak ramai.

Melihat kondisi di atas, konsistensi untuk melakukan pencegahan di SMK Tunas Markatin sangat diperlukan, salah satunya ditunjukan dengan melakukan penyuluhan 5 menit sebelum kegiatan belajar dimulai dan dalam kegiatan Keputrian setiap hari Jumat. Selain itu, himbauan dalam apel pagi juga rutin disampaikan Kepala SMK Tunas Makartin untuk selalu mengingatkan siswa akan bahaya dan waspada peredaran gelap Narkoba.

Menurut keterangan pihak sekolah, pengawasan terhadap ancaman Narkoba dilakukan melalui razia tas peserta didik. Disamping itu, Wali Kelas dan Guru BK menunjuk siswa-siswa tertentu di masing-masing kelas agar menginformasikan kepada Guru BK apabila teman di kelasnya melalukan pelanggaran Tata Tertib. Dengan adanya informasi ini, pihak sekolah berhasil mengidentifikasi adanya penyalahgunaan Narkoba jenis benzodiazepine di kalangan peserta didik beberapa waktu silam. Oleh karenanya, peserta didik tersebut dikenakan sanksi poin sesuai Tata Tertib terkait Penyalahgunaan Obat Terlarang yang berlaku di SMK Tunas Markatin yaitu sebesar 75-100 poin. Pemberian sanksi poin tersebut tidak mendapatkan kontroversi dari Orangtua Murid, dikarenakan sekolah telah mensosialisasikan Tata Tertib tersebut dan meminta Surat Pernyataan dari Orangtua di awal tahun ajaran baru.

Guru BK, dan Wali Kelas merupakan Relawan Anti Narkoba yang secara khusus diminta Kepala SMK Tunas Markatin untuk mengawasi dan memberikan himbauan anti Narkoba secara rutin kepada para siswa. Tim BNNP DKI Jakarta menyarankan agar sekolah dapat mendorong peran aktif para siswa dalam pelaksanaan Program Anti Narkoba di Lingkungan Sekolah. Selain itu, dihimbau kepada Guru BK agar tidak segan memanfaatkan layanan sosialisasi, dan deteksi dini melalui tes urin BNNP DKI Jakarta apabila masih mencurigai adanya indikasi Penyalahgunaan Narkoba di kalangan para siswa.


Share:

BNNK Jaksel Gandeng KADIN Dalam Program P4GN



Jakarta – Bertempat di Park Regis Hotel Kemang Jakarta Selatan seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Jakarta Selatan mengadakan Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat Anti Narkoba, Pengembangan Kapasitas P4GN di Lingkungan Swasta. Kegiatan dihadiri oleh anggota Kamar Dagang dan Industri (KADIN) tingkat kota Jakarta Selatan pada hari Kamis (11/10/2018). Anggota KADIN yang rata-rata adalah para pengusaha merespon positif kegiatan ini dan antusias ingin menjadi penggiat anti narkoba di lingkungannya.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN, Kepala BNN Kota Jakarta Selatan, Ketua KADIN Jakarta Selatan dan perwakilan dari Japfa Foundation.  Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu diharapkan peran serta dari pihak swasta dalam program P4GN dan Inpres Nomor 6 tahun 2018 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika tahun 2018-2019.

Share:

Pemberdayaan Masyarakat Pada Lingkungan Pekerja


Pemberdayaan Masyarakat Pada Lingkungan Pekerja Melalui Tes Urine Pada Pt Tumbuh Sehat Makmur
11 Oktober 2018
BNN Kota Jakarta Utara dengan PT Tumbuh Sehat Makmur melalui Program Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan tes urine kepada 86 Pekerja.
Sebagai Pembukaan dari GM PT Tumbuh Sehat Makmur menyambut baik , tes urine yang dilakukan BNN Kota Jakarta Utara. Sebagai Perwakilan dari Kepala BNNK Jakarta Utara, Kasi P2M Fika Dewi Rahmati dan Kasi Rehabilitasi dr Novianti yang turut memberikan sosialiasasi pencegahan narkoba dan alur dari tes urine.
Tes Urine yang dilakukan sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.
Dari hasil tes urine yang dilakukan terdapat 6 yang Positif menyalahgunakan narkoba, dan selanjutnya diperiksa dan assesment oleh Kasi Rehabilitasi.
#stopnarkoba
Share:

Talkshow Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Melalui Radio

Talkshow Bahaya Penyalahgunaan Narkoba
Melalui Radio RDI 97.1 FM
Kamis, 11 Oktober 2018 BNN Kota Jakarta Utara melaksanakan Diseminasi Informasi melalui media radio yaitu Talkshow di Radio Dangdut Indonesia (RDI) 97.1 FM . Sebagai narasumber pada siaran live AKBP. Yuanita Amelia Sari S.E,M.Si (Kepala BNN Kota Jakarta Utara)
Dalam kesempatannya, Kepala BNN Kota Jakarta Utara menyampaikan informasi kepada Sobat Radio RDI 97.1 FM tentang kondisi Indonesia Darurat Narkoba dimana saat ini semakin maraknya penyalahgunaan narkoba, perdagangan ilegal narkoba dan bermunculan jenis narkoba di kalangan masyarakat . Oleh karena itu bukan hanya tugas pemerintah saja yaitu BNN tapi tugas kita bersama seperti yang tertuang pada Instruksi Presiden ( Inpres ) No. 6 Tahun 2018 tentang rencana aksi P4GN itu sendiri. Dengan adanya Inpres tersebut, semua elemen Pemerintah baik pusat maupun daerah harus bersinergi bersama masyarakat untuk sama sama melakukan pencegahan dan perang melawan bahaya narkotika. Misalnya melalui media talkshow di radio yang dilakukan padaa saat ini. 
Acara yang berlangsung selama 1 (satu) Jam ini direspon dengan baik dengan banyaknya pertanyaaan yang masuk dari sobat RDI tentang seputar bahaya narkoba.
#talkshowrdi 97.1fm
#stopnarkoba
#bnnkotajakartautara
Share:

Featured Post

Pray For Lion Air JT-610

Segenap jajaran BNNP DKI Jakarta Turut Berduka Cita atas musibah jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa ...

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung