Thursday, October 18, 2018

Awasi Siswa Dari Narkoba, Guru BK SMPN 231 Terapkan Metode Komunikasi Teman Sebaya

Pada hari Kamis, 18 Oktober 2018 tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta melakukan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMPN 231 Jakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kepedulian Relawan Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan dalam melaksanakan program pencegahan Narkoba. Kedatangan tim disambut oleh Bapak Edi selaku Wakil Kesiswaan dan Ibu Yeni Fauziah serta Ibu Kartini selaku Guru BK

Disampaikan oleh Bapak Edi, bahwa permasalahan Narkoba sangat rawan menjangkit siswa, hal ini tidak lepas dari pergaulan remaja yang saat ini gemar mencoba-coba hal baru. Sementara mereka tidak memiliki pengetahuan yang baik bahwa Narkoba dapat merusak otak mereka, dan akan mempengaruhi cara berpikir & konsentrasi mereka.

Melihat kondisi lingkungan sekolah yang berada di Zona Merah, Guru BK berupaya menjalin komunikasi seperti teman sebaya kepada seluruh siswa. Sehingga mereka tidak ragu bercerita terkait persoalan mereka, serta mau melaporkan bila terdapat indikasi penyalahgunaan di lingkungan teman-temannya. Melalui langkah ini, Guru BK berhasil mengidentidikasi penyalahgunaan Narkoba oleh beberapa peserta didik. Penanganan terhadap peserta didik yang menjadi korban barang haram tersebut, patut diberikan apresiasi. Sekolah tetap menjatuhkan hukuman (poin pelanggaran) sesuai Tata Tertib yang berlaku, namun juga dilakukan pendampingan kepada yang bersangkutan & orangtua siswa tersebut. Menurut Ibu Yeni, dengan mengeluarkan anak tersebut dari sekolah, tidak akan memberikan solusi bagi masa depan sang anak. Oleh sebab itu, penanganan masalah Narkoba khususnya bagi remaja SMP harus dengan langkah yang humanis, yaitu bimbingan dan pembinaan.

Pihak sekolah mengatakan memiliki keterbatasan dalam hal sosialisasi bahaya Narkoba. Penyebarluasan informasi terkait Narkoba pernah dilakukan saat apel oleh pihak Polres setempat, namun kurang detail. Mengatasi hal ini, Guru BK mengajak peran siswa yang terindikasi coba Zat Adiktif untuk membuat Mading Sekolah terkait Bahaya Narkotika dan Rokok Elektrik. Dengan adanya tugas seperti ini, diharapkan mereka dapat menyadari bahayanya dan tidak akan mencoba menggunakannya lagi.

Kerawanan Lingkungan Sekolah, dan Kewaspadaan Tim Wakil Kesiswaan SMPN 231 Jakarta akan ditindak lanjuti dengan mengundang pihak BNNP DKI Jakarta untuk melakukan sosialisasi dan deteksi dini melalui tes urin kepada sample siswa dalam waktu dekat.


Dokumentasi :

Share:

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Puskesmas Kecamatan Kemayoran

Bidang Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah, bertempat di Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat pada hari Kamis, 18 Oktober 2018. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi tersebut dilaksanakan oleh Fasilitator Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta, Andriani Mutia, S.Gz, RD dan Konselor BNNP DKI Jakarta, Rindu Agustina, SE. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mewujudkan sinergitas dalam memberikan pelayanan rehabilitasi secara optimal di Instansi Pemerintah.


Share:

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine Bagi Pelajar SMP Negeri 89 Jakarta Barat

BNNP DKI Jakarta melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melaksanakan kegiatan tes urine bertempat di SMP Negeri 89 Jakarta, Jl. Tanjung Duren Barat IV No. 13A, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (18/10). Sebanyak 349 orang siswa/siswi menjalani pemeriksaan urine tersebut.


Dokumentasi :

Share:

Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba, SMK Yadika 2 melaksanakan Sosialisasi dan Tes Urin Kepada Siswa

Melihat fenomena yang terjadi belakangan ini terhadap maraknya penyalahgunaan Narkoba di lingkungan pelajar, sekolah sudah mulai mengantisipasi hal tersebut. Lingkungan sekolah yang terletak di daerah yang rentan akan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba merupakan salah satu faktor terjadinya hal tersebut.

Pada kesempatan ini, Tim Penyuluh Narkoba BNNP DKI Jakarta dalam rangka bersilaturahim pada rangkaian monitoring dan evaluasi rencana aksi SMK Yadika 2 saat mengikuti Pembekalan P4GN beberapa waktu yang lalu. Diskusi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Oktober 2018 dengan wakil kesiswaan beserta guru bidang studi teknik terkait peraturan tentang pencegahan Narkoba di sekolah, serta pelaksanaan tes urin secara mandiri oleh sekolah yang rutin setiap tahunnya dilaksanakan.

Dalam diskusi ini, wakil kesiswaan yang juga merupakan penggiat anti Narkoba SMK Yadika 2, Bapak Budi memberikan informasi bahwa lingkungan sekolah sudah secara mandiri melaksanakan program pencegahan penyalahgunaan Narkoba dengan memberikan materi terkait bahaya Narkoba pada jam pelajaran BK. Bidang studi lainnya yang juga berperan aktif dalam menyisipkan materi tentang bahaya Narkoba yaitu bidang studi agama dan olahraga. Sekolah juga bekerjasama dengan polsek setempat untuk memberikan sosialisasi kepada siswa.

Dalam hal mendeteksi dini penyalahgunaan Narkoba, pihak sekolah juga sudah secara mandiri melaksanakan tes urin setiap tahunnya kepada seluruh siswa, hal ini dilakukan karena Yayasan dari sekolah tersebut juga memiliki rumah sakit sendiri sehingga hal ini lebih mudah untuk dilaksanakan. Ini merupakan upaya sekolah mendukung program pemerintah dalam pencegahan Narkoba di lingkungan sekolah.

Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dan lingkungan sekolah bisa menerapkan hidup bersih dari penyalahgunaan Narkoba.


Dokumentasi :

Share:

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine Bagi Pelajar SMP Negeri 125 Jakarta Barat

BNNP DKI Jakarta melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melaksanakan kegiatan tes urine bertempat di SMP Negeri 125 Jakarta, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (18/10). Sebanyak 330 orang siswa/siswi menjalani pemeriksaan urine tersebut.


Dokumentasi :

 
Share:

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung