Monday, October 22, 2018

Perubahan Perilaku Siswa, Jadi Indikator Guru SMK Budi Murni 2 Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba

Sambut, salam dan sapa kepada siswa setiap pagi di pintu gerbang sekolah merupakan salah satu cara untuk mengenal lebih dekat siswa. Selain menjalin komunikasi dan keakraban, juga sekaligus merupakan pengawasan terhadap kemungkinan terjadinya perubahan perilaku. Jika hal tersebut terjadi, maka siswa akan diajak untuk berkonsultasi dengan Guru BK dengan tujuan mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Demikian disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ibu Rismawaty kepada Tim Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta, yang diketuai oleh Kepala Seksi Pencegahan Sayyid Aranjaya pada 22 Oktober 2018 di SMK Budi Murni 2, Jakarta Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Tim ingin mengetahui upaya pencegahan yang telah dilakukan dan hambatan yang ada dalam pelaksanaannya. 

Lebih lanjut, pihak sekolah menjelaskan tentang kerja sama yang dilakukan dengan Polsek dan Puskesmas setempat dalam hal sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba. Sosialisasi dilakukan secara rutin, baik disampaikan dalam upacara bendera maupun pada saat penerimaan siswa baru. Stiker Anti Narkoba dan poster berisi informasi jenis-jenis Narkoba dipasang di tempat yang mudah dilihat dan dibaca oleh siswa.

Selain Guru BK, yang merupakan Relawan Anti Narkoba BNNP DKI Jakarta, kampanye stop Narkoba juga melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wali Kelas, dan Pembina OSIS. Masing-masing komponen sekolah tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melakukan upaya pencegahan Narkoba yang disesuaikan dengan tugas pokoknya. Siswa juga dilibatkan dalam kampanye tersebut, seperti ikut memasang spanduk dan himbauan Anti Narkoba. Terkait dengan kebijakan P4GN, SMK Budi Murni 2 juga memiliki tata tertib yang mengatur larangan penyalahgunaan Narkoba oleh siswa.

Namun demikian, pihak sekolah memerlukan dukungan sosialisasi dan tes urin secara rutin oleh BNNP DKI Jakarta. Selain melihat perubahan perilaku, tes urin kepada siswa juga sebagai upaya deteksi dini dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan sekolah.


Share:

Tanamkan Mindset Anti Narkoba, Guru BK SMP Santa Maria Della Strada Wajibkan Siswa Buat Makalah Pencegahan Narkoba

Lewat Rapat Monitoring dan Evaluasi, Seksi Pencegahan BNNP DKI Jakarta jalin komunikasi dengan Relawan Anti Narkoba, untuk itu pada hari Senin, 22 Oktober 2018, SMP Santa Maria Della Strada, menjadi lokasi kunjungan tim BNNP DKI Jakarta, dan diterima oleh Kepala Sekolah, Bapak Aditia dan Ibu Eva Meiyanti selaku Guru BK.

Menurut pihak sekolah Narkoba dikalangan remaja biasanya dimulai dari tahap coba-coba, khususnya dimulai dari rokok. Permasalahan Narkoba dan kenakalan remaja lainnya menjadi keprihatinan pihak Guru dan Yayasan, oleh sebab itu pihak sekolah dengan instrumen tata tertib sekolah sangat tegas mengatur sanksi untuk itu. Sehingga sejauh ini tidak ada siswa yang terindikasi menyalahgunakan Narkoba di lingkungan sekolah.

Terkait program pencegahan, Guru Bimbingan Konseling aktif memberikan materi terkait Narkotika dan Obat-Obatan Terlarang kepada kelas VII, VIII, dan IX rutin 3 kali selama sebulan. Dalam rangka mengajak peran aktif siswa, Guru BK mengajak seluruh siswa membuat motto dan diilustrasikan dalam bentuk poster, dilombakan, dan ditempel di dinding sekolah. Selain itu dalam materi Bimbingan Konseling, siswa membentuk kelompok kemudian membuat makalah tentang pencegahan Narkoba. Selain itu, dalam rangka MPLS, 2 tahun lalu pihak sekolah mengundang Narasumber dari BNN, Bapak Sudirman, untuk memberikan sosialisasi Narkoba. Namun setelah Guru BK mendapatkan pembekalan P4GN di tahun 2017 dari BNNP DKI Jakarta , sosialisasi tersebut dilakukan secara mandiri oleh Guru BK.

Untuk program pengawasan, sekolah rutin tiap bulan melakukan razia tas kepada siswa. Selama ini, pelanggaran atas tata tertib yang sering ditemukan adalah membawa Handphone. Selain itu, juga dipasang CCTV di tiap kelas, dan sudut sekolah. Sehingga pihak Guru Piket dapat mudah memantau gerak-gerik siswa.

Sebagai tindak lanjut Monev ini, program pencegahan Narkoba di lingkungan SMP Santa Maria Della Strada akan dilakukan secara terencana. Dalam waktu dekat, sekolah merencanakan mengadakan study tour ke Balai Besar Rehabilitasi Lido, sebagai bentuk penambahan wawasan bagi siswa.


Dokumentasi :

Share:

Kegiatan Discharge Program Rumah Dampinf Tahap II Pelayanan Pascarehabilitasi Intensif BNN Provinsi DKI Jakarta

Jum'at, 19 Oktober 2018 Rumah Damping BNN Prvinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Discharge Program "Penyerahan Sertifikat" tahap II bagi mantan penyalahguna yang telah selesai mengikuti program pascarehabilitasi intensif rumah damping.





Share:

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung