Thursday, October 25, 2018

Upaya Pendekatan Persuasif, Wujud Pencegahan Narkoba Yang Dilakukan SMA Perguruan Rakyat 1

Pada kesempatan ini, Kasi Pencegahan Sayyid Aranjaya dan Tim Penyuluh Narkoba BNNP DKI Jakarta dalam rangka bersilaturahim pada rangkaian monitoring dan evaluasi rencana aksi SMA Perguruan Rakyat 1 Jakarta Selatan, saat mengikuti Pembekalan P4GN beberapa waktu yang lalu. Diskusi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 dengan Kepala Sekolah, Wakil kesiswaan dan guru BK terkait peraturan tentang pencegahan Narkoba di sekolah, Penggiat anti Narkoba yang melekat di OSIS serta upaya sekolah dalam melakukan pendekatan persuasif kepada siswa.

Kepala Sekolah, Bapak Dwi Nanto memberikan informasi bahwa sekolah berada dalam zona merah dimana Narkoba didapat dan disalahgunakan. Melihat anak-anak ini sebagai generasi bangsa dan harapan orang tua, sekolah  memfasilitasi ketika disekolah dan dalam zona 300 meter dari sekolah masih merupakan tanggung jawab sekolah. Guru BK menambahkan bahwa upaya pencegahan lain yang dapat diberikan sekolah ialah melalui pendekatan persuasif kepada siswa.

Dalam diskusi ini, Kepala Sekolah selaku relawan anti Narkoba yang memberikan materi kepada siswa dengan bahasa anak-anak menggunakan bahasa yang ringan, mudah dimengerti dan dipahami. Upaya pencegahan lainnya, sekolah bekerja sama dengan instansi terkait seperti Polsek dan Binmas juga Yayasan dalam hal memberikan sosialisasi kepada siswa baik dilaksanakan dalam kegiatan upacara dihari senin maupun kegiatan lainnya seperti MPLS.

Selain itu, melibatkan OSIS dalam pembentukan Duta anti tawuran dan duta anti Narkoba, dengan membuat yel-yel anti Narkoba juga dilakukan sebagai salah satu strategi pencegahan. Kepala Sekolah juga berharap agar BNNP DKI Jakarta memaksimalkan Karang Taruna untuk melakukan pencegahan Narkoba di kelurahan-kelurahan.


Dokumentasi :

Share:

Asistensi Program Pascarehabilitasi di BNNK Jakarta Utara

Bidang Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta, yang diwakili oleh Kabid Rehabilitasi - dr. Wahyu Wulandari, M.Si mengunjungi BNNK Jakarta Utara pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2018 untuk melaksanakan Asistensi kegiatan Pascarehabilitasi. Kunjungan diterima oleh Kasi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara.


Dokumentasi :
Share:

Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Melalui Tes Urine Bagi Pelajar SMP Negeri 215 Jakarta

BNNP DKI Jakarta melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melaksanakan kegiatan tes urine bertempat di SMP Negeri 215 Jakarta, Jl. Melati, Taman Meruya Ilir Blok B, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (25/10). Sebanyak 350 orang siswa/siswi menjalani pemeriksaan urine tersebut.


Dokumentasi :
 

Share:

Ajak Siswa Buat Poster Jadi Trik Tanamkan Mindset Di SMP Barunawati 3

Kamis, 25 Oktober 2018, tim BNNP DKI Jakarta kunjungi SMP Barunawati 3 disambut oleh Kepala Sekolah dan Guru BK, Bapak Achamd Humaidi dan Ibu Yuki Kartika.

Bapak Achmad mengungkapkan bahwa Narkoba saat ini sudah semakin parah, anak kecil sudah menjadi korban, dan mereka pintar menutupi ciri-ciri pecandu, sehingga orang awam sulit mendeteksi anak yang terkontaminasi. Menyikapi kerawanan sekolah terhadap ancaman peredaran gelap Narkoba, Kepala sekolah memiliki kepedulian dan menugaskan Guru BK untuk memberikan edukasi dan pengawasan terhadap seluruh siswa.

Upaya pencegahan yang dilakukan oleh guru BK antara lain memberikan sosialisasi kepada siswa, nonton video bahaya Narkoba, dan penugasan kepada siswa tentang Himbauan Anti Narkoba kedalam bentuk gambar. Sekolah juga telah memiliki Tata Tertib terkait larangan membawa dan menyalahgunakan Narkoba. Di dalam Tata Tertib yang telah di tanda tangani orangtua peserta didik disebutkan bahwa poin terkait Narkoba dikenakan poin maksimal yaitu dikembalikan ke orangtua. Namun, sekolah akan berupaya memberikan kesempatan melalui pembinaan dam rehabilitasi bagi peserta didik yang teridentifikasi menyalahgunakan Narkoba.

Dalam proses pengawasan, disamping rutin melakukan razia tas, sekolah memiliki CCTV di tiap kelas dan area bermain siswa. Sejauh ini yang pernah ditemukan pada saat razia tas adalah rokok elektrik. Selain itu, sekolah bekerjasama dengan pihak Polsek setempat dalam patroli kerawanan sosial.

Pada kesempatan tersebut, Tim BNNP DKI Jakarta, menginformasikan terkait layanan sosialisasi, deteksi dini melalui tes urin, dan rehabilitasi. Pihak sekolah sangat antusias terhadap layanan deteksi dini melalui tes urin tersebut. Hal ini dalam rangka memberikan shocked terapi kepada siswa, dan akan berdampak positif terhadap pencegahan Narkoba.


Dokumentasi :

Share:

Asistensi Program Pascarehabilitasi di Yayasan Kapeta

Bidang Rehabilitasi BNNP DKI Jakarta, yang diwakili oleh Kasi Penguatan Lembaga Rehabilitasi - dr. Ruth Adrian Melany M.Si mengunjungi Yayasan Kapeta pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2018 untuk melaksanakan Asistensi kegiatan Pascarehabilitasi. Kunjungan diterima oleh Ketua Yayasan Kapeta beserta staf.

Dokumentasi :
Share:

Rapat Sinergitas Peningkatan Kapasitas Layanan Pascarehabilitasi melalui Kegiatan Vokasional (Pendidikan Ketrampilan dan Kewirausahaan) bagi Korban Penyalahgunaan Narkotika dan Prekusor Narkotika terkait Inpres Nomor 6 Tahun 2018

Rabu, (24/10) BNN mengadakan Rapat Sinergitas Peningkatan Kapasitas Layanan Pascarehabilitasi melalui Kegiatan Vokasional (Pendidikan Ketrampilan dan Kewirausahaan) bagi Korban Penyalahgunaan Narkotika dan Prekusor Narkotika terkait Inpres Nomor 6 Tahun 2018 dengan mengundang stakeholder terkait guna merumuskan Rencana Aksi dalam mengimplementasikan Inpres tersebut. 

Acara dihadiri oleh Plt. Deputi Rehabilitasi, dr. Budiyono, MARS serta diikuti oleh Kementerian dan Lembaga terkait. Peserta dari BNNP DKI Jakarta diwakili oleh Kabid Rehabilitasi, dr. Wahyu Wulandari, M.Si. Acara dilaksanakan di Hotel Best Western Jakarta Timur.


Share:

Bimbingan Teknis Dalam Rangka Sinergitas Program Pemberdayaan Alternatif


BNN Kota Jakarta Utara Menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Dalam Rangka Sinergitas Program Pemberdayaan Alternatif dengan Stakeholder
Kamis 25 Oktober 2018.
Dihadiri oleh stakeholder di wilayah Jakarta Utara, khususnya sekitar Kp. Muara Bahari. Dalam kesempatan kali ini hadir Dari  Sudin UMKM, Sudin Pendidikan, Disnakertrans, Sudin Pariwisata, pengurus RW dan pengurus PKK Kelurahan Tanjung Priok, Indonesia Power dan lainnya.
Hadir sebagai narasumber yaitu Kepala BNN Kota Jakarta Utara, Ibu Yuanita Amelia Sari SE,M.SI, Lurah Tanjung Priok Bapak Ma'mun serta Kasi Pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNN Kota Jakarta Utara Fika Dewi R.
Kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan program pemberdayaan alternatif dikawasan rawan dengan program-program yg dimiliki para stakeholder di instansinya masing-masing. Sehinhga diharapkan para stakeholder baik dari unsur pemerintah maupun Swasta dapat membantu memberdayakan secara maksimal masyarakat dikawasan rawan. Agar masyarakat kawasan rawan bisa berdaya guna, produktif dan aktif sehingga terhindar dari pengaruh buruk narkoba yg ada disekitarnya. Upaya pemberdayaan masyarakat khususnya dikawasan rawan narkoba harus dilakukan  dengan konsisten,  melibatkan semua unsur dan kekuatan pemerintah  maupun swasta agar permasalahan di kawasan rawan narkoba dapat ditanggulangi dengan cepat.
#stopnarkoba
Share:

Featured Post

Zona Integritas

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Total Pengunjung