Friday, August 3, 2018

Kedepankan Keluarga Sebagai Penghalang Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba berpotensi menjadi penghalang bonus demografi yang akan didapatkan bangsa Indonesia tahun 2030, oleh karenanya faktor keluarga menjadi hal penting yang harus dikedepankan untuk menangkalnya. Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di sela-sela pemeriksaan Narkotika melalui urine bagi pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), di Ruang Anantakupa, Gedung Kemkominfo, Jum'at (3/8) ini. "Saya mendukung kegiatan ini, bukan hanya untuk karyawan saja, tapi juga agar karyawan bisa meneruskan informasi tentang Narkoba kepada masing-masing keluarganya," ujarnya. 

Menurutnya Narkoba telah menjadi isu strategis, hal ini dapat dilihat dari angka prevalensi penyalahguna Narkoba yang cukup tinggi saat ini, yakni sekitar 1,77% atau 3,3 juta jiwa dari penduduk Indonesia berusia 10 - 59 tahun. Penyalahguna Narkoba pun kini sudah tidak lagi memandang batasan usia dan status sosial.

Kepala BNNP DKI Jakarta Johny Pol Latupeirissa mengungkapkan hasil penelitian yang dilakukan BNN bersama Universitas Indonesia tahun 2017 ditemukan fakta bahwa kalangan pekerja beresiko tinggi menjadi penyalahguna Narkoba. “Pengguna Narkoba di Indonesia 59%-nya adalah pekerja, hal ini menjadikan pekerja sebagai sasaran pasar bisnis Narkoba. Selanjutnya 24% pengguna adalah pelajar, sisanya 17% adalah mereka yang tidak mempunyai pekerjaan tetap,” katanya.

Johny mengapresiasi langkah Kemkominfo mengadakan kegiatan ini. “Kami berterima kasih kepada Menkominfo atas komitmennya untuk melakukan upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di lingkungan Kemkominfo," tambahnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian program deteksi dini penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh BNNP DKI Jakarta di 15 kementerian/lembaga pada tahun 2018. Pemeriksaan urine dilakukan kepada seluruh pejabat struktural eselon I, II, III,  IV dan staf Kominfo sebanyak 369 orang. Dari hasil pemeriksaan tidak didapati adanya penyalahguna Narkotika dan Psikotropika di lingkungan Kominfo. (SieDayamas).





Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Translate

Featured Post

Rapat Pembahasan Layout Ruangan bagi Gedung BNNP DKI Jakarta

Bertempat di Ruang Kepala BNNP DKI Jakarta, rapat pembahasan terkait revisi layout ruangan gedung bagi BNNP DKI Jakarta yang beralamat di J...

- Humas BNNP DKI Jakarta -. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Contact Form

Name

Email *

Message *

Total Pengunjung