Artikel

Diseminasi Informasi P4GN melalui Talkshow di Kecamatan Kembangan

Dibaca: 0 Oleh 23 Apr 2019November 8th, 2020Tidak ada komentar
Diseminasi Informasi P4GN melalui Talkshow di Kecamatan Kembangan
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

BNNP DKI Jakarta – Sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba, BNN Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan kegiatan diseminasi informasi P4GN melalui Talkshow di Aula Kantor Camat Kembangan, pada hari Selasa, 23 April 2019. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pihak Kecamatan Kembangan didasari atas keprihatinan terhadap makin maraknya peredaran Narkoba dengan modus-modus baru yang menyasar keberbagai pihak. Dalam sambutannya Sekretaris Camat Bapak Joko Mulyono, beliau menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada BNNP DKI Jakarta yang telah memberikan kepedulian dan pembelajaran bagi para warga Kecamatan. Diharapkan kegiatan ini akan mendorong kepedulian para SKPD dan para masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

Selaku Narasumber pertama, Analis Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Bapak dr. Arief Riadi Arifin, Sp.P, MARS menyampaikan mengenai angka prevalensi penyalahguna Narkotika di Indonesia, peredaran New Psychoactive System (NPS) atau Narkotika Jenis Baru yang peredarannya melalui media sosial / akses internet, Kategori pengguna Narkotika, adiksi serta metode rehabilitasi yang tidak luput dari pokok bahasan Narasumber ini.

Selanjutnya, Bapak Engkos Kosidin, S.Sos, M.Si selaku Narasumber kedua menjelaskan materi tentang pencegahan Narkoba dikalangan Keluarga Beliau menyampaikan bahwa keluarga merupakan ujung tombak penting terhadap kasus penyalahgunaan Narkoba dikalangan anak dan remaja, keluarga yang harmonis dan lebih condong terhadap pendekatan agama biasanya lebih terhindar dari kasus penyalahgunaan Narkoba namun akan sebaliknya apabila keluarganya banyak bermasalah akan lebih rentan terhadap kasus penyalahgunaan Narkoba. Dalam hal ini Narasumber menjelaskan pula mengenai kategori kelompok resiko tinggi yang rentan terhadap penyalahgunaan Narkoba, cara penanganan kategori kelompok resiko tinggi dan solusi yang harus dan dapat dilakukan apabila terdapat keluarga yang terlibat dengan kasus penyalahgunaan Narkoba.

Diakhir acara, dilakukan sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta diantaranya yaitu aspek hukum bagi para pemakai, pengedar maupun bandar Narkoba, aspek rehabilitasi terkait prosedur dan biayanya, aspek pencegahan terkait pelaksanaan sosialisasi yang hendaknya lebih banyak menyasar kepada masyarakat dengan pengkategorian khusus agar program pencegahan dapat lebih masif dengan menyasar ke banyak pihak, dll. Para peserta sangat antusias dengan tidak hanya memberikan pertanyaan, namun juga memberikan saran bagi BNNP DKI Jakarta. Kepada peserta yang aktif tersebut, dibagikan souvenir berupa kaos Stop Narkoba dan tak lupa diakhir acara dilakukan foto bersama dengan para peserta dan secara bersama-sama melontarkan yel-yel anti narkoba sebagai penutup acara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel