Artikel

Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMK Insan Teknologi

Dibaca: 3 Oleh 04 Feb 2019November 8th, 2020Tidak ada komentar
Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMK Insan Teknologi
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

BNNP DKI Jakarta – Kerjasama dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba antara BNNP DKI Jakarta dengan dunia pendidikan terus terjalin. Hal ini dikarenakan penyebarluasan informasi bahaya Narkoba perlu dilakukan kepada para pelajar sejak dini. Salah satu wujud kegiatan ini adalah sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkoba melalui Talkshow bagi pelajar SMK Insan Teknologi.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK Insan Teknologi, Bapak Abdul Manap Siregar menyampaikan rasa terimakasihnya karena sekolah yang beliau pimpin menjadi salah satu sekolah yang terpilih untuk dikunjungi BNNP DKI Jakarta. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya sekolah untuk menjaga para siswa terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba. Beliau juga menyampaikan kekhawatirannya melihat perkembangan penyalahgunaan Narkoba. Maka melalui sosialisasi ini diharapkan para siswa mengerti bahayanya sehingga bisa menjauhi.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP DKI Jakarta Bapak Khrisna Anggara dan Praktisi Motivasi Bapak Yerry Pattinasarany.

Dalam paparannya Bapak Khrisna menyampaikan banyaknya pelajar yang mendapat informasi tentang pennyalahgunaan Narkoba adalah dari media, baik itu televisi, media sosial, maupun koran. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang jenis-jenis Narkoba, perkembangan Narkoba terbaru, dan efek samping penyalahgunaannya. Selain itu beliau juga menerangkan tentang peredaran gelap Narkoba dan ancaman hukumnya.

Menurut narasumber, melalui kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan informasi yang benar tentang penyalahgunaan Narkoba. Selain itu, dalam kegiatan ini peserta juga dibekali ketrampilan untuk menolak penyalahgunaan Narkoba. Sehingga setelah ini diharapkan siswa dapat memiliki ketahanan diri untuk menolak ajakan penyalahgunaan Narkoba dari siapapun.

Sebagai Narasumber selanjutnya adalah Bapak Yerry Pattinasarany, seorang praktisi motivasi yang bergerak di bidang pembinaan dan pendampingan bagi korban penyalahgunaan Narkoba. Dalam kesempatan ini beliau bercerita tentang pengalaman dirinya sehingga bisa tergerak untuk mendampingi korban pennyalahgunaan Narkoba.

Di akhir paparannya narasumber berpesan kepada peserta untuk senantiasa bersyukur karena memiliki kehidupan dan keluarga yang indah yang ditunjukkan dengan tidak mulai terjerumus kedalam pennyalahgunaan Narkoba. Meskipun jika ada pelajar yang kurang kasih sayang orang tua dikarenakan kesibukan, tetapi kondisi ini jangan dijadikan alasan untuk menyalahgunakan Narkoba. Narasumber berharap agar para peserta mendukung program pemerintah untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba.

Setelah paparan kedua narasumber tersebut, dilanjutkan dengan tanyajawab. Dalam sesi tanyajawab ini pertanyaan yang muncul diantaranya adalah : sebab masyarakat masih mengkonsumi Narkoba meskipun sudah mengetahui dampak buruknya, Alkohol dan rokok masih diedarkan kepada mereka yang masih di bawah umur, bahan utama pembuatan sabu, cara mengatasi atau mengobati kecanduan Narkoba, dan efek Narkoba bagi kegemukan tubuh.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel